Dishub Pekanbaru Tekan Tagihan Listrik PJU hingga Rp3,5 Miliar per Bulan

Dishub Pekanbaru Tekan Tagihan Listrik PJU hingga Rp3,5 Miliar per Bulan

13 Maret 2024
Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru berupaya menekan tagihan listrik penerangan jalan umum (PJU) hingga Rp3,5 miliar per bulan. Agar target itu tercapai, Dishub terus mengganti bola lampu pijar ke bola lampu jalan ke versi Lampu Hemat Energi (LHE) dan Light Emitting Diode (LED). 

"Tagihan listrik PJU sudah sangat menurun menjadi Rp4,3 miliar per bulan. Ini adalah upaya yang telah kami lakukan sejak empat tahun terakhir," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Yuliarso di lapangan parkir Gedung Lipat Kajang, Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Rabu (13/3/2024). 

Selama empat tahun terakhir, tagihan listrik PJU berhasil ditekan sekitar 67 persen dari tagihan bulanan sebelumnya Rp12 miliar per bulan. Hal ini berkat kerja sana Dishub bersama UP3 PLN Pekanbaru yang terus melakukan perbaikan, pergantian, maupun penertiban lampu jalan.

"Karena, ada lampu-lampu jalan liar dibangun oleh masyarakat. Dianggap liar karena lampu jalan itu tak didaftarkan kepada kami," ucap Yuliarso. 

Saat ini, tagihan listrik PJU sekitar Rp4,3 miliar per bulan. Dengan pergantian PJU dengan lampu LHE dan LED, Dishub bisa berhemat pengeluaran tagihan listrik.

"Target kami, tagihan listrik PJU bisa ditekan lagi menjadi Rp3,5 miliar," ujar Yuliarso.