Disketapang Pekanbaru Gunakan Konsep B2SA

Disketapang Pekanbaru Gunakan Konsep B2SA

12 Maret 2024
Kepala Disketapang Pekanbaru Maisisco. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disketapang Pekanbaru Maisisco. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Istilah empat sehat lima sempurna sering digunakan sebagai panduan untuk mengonsumsi makanan bergizi. Sekarang, panduan tersebut dilanjutkan dengan konsep Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA).

"Porsi makan B2SA merupakan pembagian makanan dalam satu piring yakni 1/3 bagian adalah makanan pokok, 1/6 lauk pauk, 1/3 sayuran, dan 1/6 buah-buahan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru, Maisisco, Selasa (12/3/2024).

Pangan B2SA adalah aneka ragam bahan pangan karbohidrat, vitamin, protein dan mineral yang dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang. Makanan Beragam dari B2SA  di antaranya adalah terdapat bermacam-macam jenis makanan, baik hewani maupun nabati, sebagai sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

Bergizi yang berarti mengandung zat gizi makro dan mikro yang dibutuhkan oleh tubuh  Seimbang artinya dikonsumsi secara cukup sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu dengan tetap memperhatikan proporsinya sesuai dengan isi piring.

"Makanan harus aman artinya harus bebas dari cemaran fisik, kimia, dan mikrobiologi. Sehingga, proses pengolahan dan penyimpanan makanan harus dilakukan," jelas Maisisco.