Disperindag Pekanbaru Pasang Tiang Pancang Revitalisasi Pasar Palapa Besok

Disperindag Pekanbaru Pasang Tiang Pancang Revitalisasi Pasar Palapa Besok

25 Juli 2023
Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru akan memasang tiang pancang proyek revitalisasi Pasar Palapa pada 26 Juli 2023. Peletakan batu pertama (ground breaking) revitalisasi akan dilakukan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun.

"Kami sudah menyiapkan tiang pancang di lokasi proyek revitalisasi Pasar Palapa. Kami sedang menyiapkan ground breakingnya pada 26 Juli," kata Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Selasa (25/7/2023).

Revitalisasi diharapkan selesai akhir tahun ini. Revitalisasi Pasar Palapa difokuskan di bagian belakang, khusus untuk pasar basah.

"Kami mengundang pejabat dari Ditjen Kemendag dalam ground breaking ini," ucap Ami, sapaan akrabnya.

Anggaran revitalisasi Pasar Palapa ini berasal dari Kemendag. Anggaran yang dikucurkan Rp3 miliar.

Total anggaran Rp3 miliar dicairkan bertahap oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pekanbaru. Diharapkan, pembangunan pasar rakyat ini bisa menyelesaikan banyak hal.

"Selama ini, pasar tradisional terkesan kumuh dan jorok. Kami mau menghilang stigma seperti itu melalui revitalisasi Pasar Palapa," ucap Ami.

Dengan revitalisasi ini, Pasar Palapa dibangun berbentuk ruangan besar tanpa sekat. Sehingga, sirkulasi barang dan orang.

Zonasi pedagang basah dan pedagang kering dibagi dan dipisahkan. Supaya, sampah dan limbah pasar bisa terolah dengan baik.

"Kalau tempatnya mencukupi, bisa lebih dari 80 pedagang berjualan di Pasar Palapa ini nanti," sebut Ami.