Disperindag Pekanbaru Tunggu Calon Investor Berminat Kelola Pasar Sail

Disperindag Pekanbaru Tunggu Calon Investor Berminat Kelola Pasar Sail

10 Oktober 2023
Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru menunggu pada calon investor yang berminat mengelola Pasar Sail. Investor yang berminat harus mengajukan surat resmi ke Disperindag. 

"Kami akan melakukan pengelolaan secara Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) untuk Pasar Sail. Saat ini, kami masih menunggu investor yang berminat," kata Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin di kantor Kecamatan Marpoyan Damai, Selasa (10/10/2023).

Jika ada yang berminat, para calon investor dipersilakan mengirim surat resmi kepada Disperindag. Disperindag akan mengundang calon investor untuk proses lelang investasi secara KSP. 

"Dengan lelang investasi ini, maka pihak ketiga yang melakukan renovasi Pasar Sail. Hal ini yang dilakukan oleh pengelola Pasar Bawah saat ini," jelas Ami, sapaan akrabnya. 

Sebelumnya, Disperindag Pekanbaru telah mengambil sikap terkait pengelolaan Pasar Sail. Pengelolaan pasar ini akan diserahkan kepada pihak swasta. 

"Terkait Pasar Sail, kami sudah simpulkan untuk dikelola dengan sistem Kerja Sama Pemanfaatan (KSP). Kami kira lebih banyak manfaatnya jika dikelola secara KSP," kata Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Senin (21/8/2023). 

Disperindag akan membentuk tim untuk menghitung nilai aset. Disperindag juga mempersiapkan proses lelang (tender) investasi. 

"Kami siapkan dahulu orang-orang di bagian administrasi. Mudah-mudahan, proses lelang bisa dilakukan dalam waktu dekat," harap Ami, sapaan akrabnya. 

Pasar Sail itu menggunakan skema Build Operate Transfer (BOT) atau biaya pembangunan ditanggung seluruhnya oleh investor sekitar tahun 2000-an. Masa pengelolaan Pasar Sail telah habis pada pertengahan 2022.

Pengelolaan Pasar Sail berakhir pada 4 Juli 2022. Pasar Sail dikelola oleh PT Riau Kerta Raharja sejak 20 tahun lalu. 

Pengelolaan Pasar Sail berakhirnya dari mitra yang lama ini. Seluruh aset telah dikembalikan ke Pemko Pekanbaru. Saat ini, Pasar Sail dikelola oleh Disperindag.