https://apkflyer.com/ https://nogi-office.com/ https://www.pelangi88ai.com/ https://fdp.nitttrchd.ac.in/backingup/pelangi88/ bagas88 https://bagas88ovo.com/ https://xtuning.bg/ https://piipalembang.or.id/
slot
Distankan Pekanbaru Tak Lakukan Vaksinasi PMK Bulan Ini

Distankan Pekanbaru Tak Lakukan Vaksinasi PMK Bulan Ini

19 Juli 2023
Sapi kurban. Foto: Surya/Riau1.

Sapi kurban. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru tak lagi melakukan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada bulan ini. Pasalnya, sapi yang akan divaksin PMK sudah dipotong saat Hari Raya Iduladha.

"Kami memang secara rutin vaksinasi PMK untuk sapi dan kambing sebelum Iduladha. Vaksinasi PMK pada sapi harus tiga kali," kata Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Pertanian dan Perikanan Pekanbaru Dokter Hewan (drh) Rita Setyawati, Rabu (19/7/2023).

Vaksinasi PMK pertama dengan kedua, jaraknya satu bulan. Sedangkan vaksinasi kedua PMK dengan ketiga berjarak enam bulan.

"Bagi peternak silakan menghubungi kami. Vaksinasi ini gratis," ujar Rita.

Jadi, rata-rata sapi yang baru sampai Pekanbaru harus divaksin PMK. PMK itu tergantung sapi yang datang. Sebanyak 450 ekor sapi dan kambing divaksin PMK pada bulan Juni.

"Belum ada sapi yang divaksin bulan ini. Karena sudah dipotong semua saat kurban semua," ucap Rita.