https://apkflyer.com/ https://nogi-office.com/ https://www.pelangi88ai.com/ https://fdp.nitttrchd.ac.in/backingup/pelangi88/ bagas88 https://bagas88ovo.com/ https://xtuning.bg/ https://piipalembang.or.id/
slot
Distankan Pekanbaru Temukan Cacing Hati Sapi di 25 Lokasi Pemotongan Hewan Kurban

Distankan Pekanbaru Temukan Cacing Hati Sapi di 25 Lokasi Pemotongan Hewan Kurban

19 Juli 2023
Sapi kurban saat akan dipotong. Foto: Surya/Riau1.

Sapi kurban saat akan dipotong. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru menemukan cacing di hati sapi saat Hari Raya Iduladha pada 29 Juni 2023. Cacing di hati sapi ini ditemukan di 25 lokasi pemotongan hewan kurban. 

"Saat kurban kemarin, rata-rata kami menemukan cacing pada bagian hati sapi ditemukan di 25 lokasi. Bagian hati itu dimusnahkan. Sisa dagingnya bisa dibagikan ke masyarakat," kata Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Pertanian dan Perikanan Pekanbaru Dokter Hewan (drh) Rita Setyawati, Rabu (19/7/2023). 

Ada beberapa petugas yang menemukan cacing di hati sapi di 25 titik. Temuan ini dari hasil penelusuran di lebih dari 100 masjid.

"Kami turun bersama anggota dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Riau dan mahasiswa UIN Suska," ungkap Rita. 

Beberapa lokasi pemotongan hewan kurban juga ditemukan Lumpy Skin Disease (LSD) atau penyakit kulit pasa sapi. Jadi, ada kulit sapi yang agak berbintik. 

"Ini juga tak masalah dikonsumsi," ucap Rita. 

Ada juga yang sapi terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK). Namun, tak ada gejala yang sangat terlihat sekali. Karena, vaksinasi PMK yang disuntikkan belum bereaksi. 

Sapi kurban ini didatangkan dari luar daerah Pekanbaru. Jumlahnya hampir 90 persen dari kebutuhan hewan kurban Pekanbaru sepeti Sumatera Barat, Sumatera Utara, Lampung, dan kabupaten atau kota wilayah Riau. 

Bagi para peternak diimbau agar hewan ternak yang akan masuk ke Pekanbaru harus dilengkapi dengan persyaratan administrasi. Persyaratan administrasi itu seperti surat kesehatan hewan, surat izin pengeluaran dari daerah asal.

"Sehingga kalau ada masalah, kami mudah menelusurinya," ucap Rita.