DLHK Pekanbaru Kerahkan Seluruh Unit Bantu 2 Operator Angkut Sampah

DLHK Pekanbaru Kerahkan Seluruh Unit Bantu 2 Operator Angkut Sampah

26 Agustus 2023
Kepala DLHK Pekanbaru Hendra Afriadi. Foto: Surya/Riau1.

Kepala DLHK Pekanbaru Hendra Afriadi. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru mengerahkan seluruh unit untuk mengangkut sampah di Zona I dan Zona II (12 kecamatan). Truk DLHK yang beroperasi di wilayah Rumbai ini guna membantu dua perusahaan swasta angkutan sampah.

"Kami akan berupaya dalam sepekan ke depan. Kami harap tidak ada lagi tumpukan sampah membeludak seperti ini," kata Kepala DLHK Pekanbaru Hendra Afriadi, Sabtu (26/8/2023).

Ia juga akan berkomunikasi dengan dua operator terkait skema pengangkutan sampah. Ia juga meminta arahan dari pimpinan terkait opsi yang diajukan dalam penanganan pengangkutan sampah.

"Kami memiliki 16 unit truk. Kami mendukung pergerakan angkutan sampah dari dua operator (perusahaan swasta)," ujar Hendra.

Truk DLHK boleh beroperasi di semua zona. Jadi, DLHK tidak terfokus mengangkut sampah di zona III (Rumbai, Rumbai Barat, dan Rumbai Timur). Jadi, truk DLHK boleh dikerahkan dalam keadaan luar biasa seperti ini.

Munculnya tumpukan sampah karena tak patuh pada jam buang. Pengangkutan sampah itu dimulai pukul 05.00-08.00 WIB.

"Kadang, ada masyarakat membuang pada pukul 09.00 WIB. Karena saat itu masyarakat melihat TPS sudah kosong diangkut truk sampah," ucap Hendra

Permasalahan lainnya adalah belum ada trans depo bagi angkutan sampah mandiri yang menggunakan mobil pikap. Makanya, angkutan sampah mandiri ini diizinkan angkutan mandiri ini membuang langsung ke TPA 2 Muara Fajar.

"Jika tak dilakukan, kami tangkap dan diserahkan ke tim yustisi yaitu Satpol PP," tegas Hendra.