DPKP Pekanbaru Imbau Pemudik Titipkan Rumah ke Tetangga

DPKP Pekanbaru Imbau Pemudik Titipkan Rumah ke Tetangga

8 April 2024
Kepala DPKP Pekanbaru Burhan Gurning. Foto: Surya/Riau1.

Kepala DPKP Pekanbaru Burhan Gurning. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Kebakaran pada bangunan rumah sering terjadi karena arus pendek atau korsleting listrik. Pemilik rumah diimbau mencabut semua peralatan listrik saat akan meninggalkan rumah dalam waktu lama. 

"Demi kenyamanan dan keselamatan warga, kami mengimbau agar warga memastikan rumahnya dalam kondisi aman saat ditinggal mudik Lebaran. Titipkan rumahnya kepada tetangga atau ketua RT," kata Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru Burhan Gurning, Senin (8/4/2024) . 

Aliran listrik dimatikan yang tidak diperlukan. Seluruh peralatan listrik yang ada di rumah dicabut.

"Banyak terjadi kasus sebelumnya dimana warga harus mengalami kerugian besar karena rumahnya terbakar saat ditinggal mudik," ungkap Burhan. 

Diharapkan, warga yang tidak mudik agar saling menjaga dan membantu tetangga yang mudik tahun ini. Warga diimbau segera menghubungi call center Damkar di 112 jika melihat kebakaran. 

"Sering terjadi dan bahkan sudah berapa kali terjadi mereka pulang mudik rumahnya sudah tidak ada lagi, sudah ludes terbakar. Untuk itu, kami berharap agar kondisi seperti ini tidak lagi terulang," ucap Burhan.