Koperasi TNI AD Difasilitasi Pemko Pekanbaru Kerja Sama Olah Sampah dengan PT TJS

Koperasi TNI AD Difasilitasi Pemko Pekanbaru Kerja Sama Olah Sampah dengan PT TJS

6 Juni 2023
Kepala DLHK Pekanbaru Hendra Afriadi. Foto: Surya/Riau1.

Kepala DLHK Pekanbaru Hendra Afriadi. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Koperasi TNI Angkatan Darat (AD) difasilitasi Pemko Pekanbaru bekerja sama dengan PT Tenang Jaya Sejahtera (TJS). Kedua belah pihak akan bekerja sama dalam pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Muara Fajar 1 dan 2.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru Hendra Afriadi, Selasa (6/6/2023), mengatakan, PT TJS melakukan ekspos di hadapan Pj Wali Kota Muflihun dan Dandim Kolonel (Kav) Yuli Eko pada 1 Juni lalu. Dalam eksposnya, PT TJS menjelaskan bahwa perusahaannya bergerak pada sektor pemanfaatan dan pengumpulan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

"Dalam ekspos itu, Pj wali kota meminta PT TJS mengolah sampah yang sudah menggunung di TPA Muara Fajar. Agar, gunungan sampah segera teratasi," jelasnya.

Kerja sama pengolahan sampah ini penting. Karena, salah satu indikator piala Adipura adalah kerja sama pengolahan sampah.

"Pj wako menekankan agar PT TJS bekerja sama dengan koperasi TNI AD melalui Dandim Pekanbaru. Ke depan, koperasi TNI AD yang akan bekerja sama dengan PT TJS," jelas Hendra.

Pemko bekerja sama dengan Koperasi TNI AD. Hal ini sebagai bentuk upaya peran serta TNI AD dalam menertibkan dan menjaga kebersihan Pekanbaru.

PT TJS menyatakan kesiapan dalam melakukan pengolahan sampah domestik di TPA Muara Fajar. Sampah dari TPA 1 dan 2 akan diangkut armada PT TJS ke titik pengumpulan sampah di Kabupaten Kampar.

PT TJS juga memiliki pembakaran sampah dengan jumlah maksimum bahan baku sampah 86 ton setiap hari. Hasil pembakaran akan menjadi ash (debu) yang dapat diolah kembali menjadi bahan baku batako, semen, dan lain sebagainya.

"Setelah ekspos, tim PT TJS dan Asisten I dan saya langsung supervisi ke TPA Muara Fajar usai ekspos PT TJS," ucap Hendra.