Menpan RB Usul Perizinan Provinsi Riau Dibuka di Tiap MPP Kabupaten dan Kota

Menpan RB Usul Perizinan Provinsi Riau Dibuka di Tiap MPP Kabupaten dan Kota

13 September 2023
Menpan RB Abdullah Azwar Anas. Foto: Istimewa.

Menpan RB Abdullah Azwar Anas. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Perizinan yang ditangani Pemprov Riau diusulkan dibuka di Mal Pelayanan Publik (MPP) kabupaten dan kota. Karena, wilayah kabupaten dan kota lainnya cukup jauh ke Ibu Kota Riau di Pekanbaru. 

"Karena kabupaten ini jaraknya jauh, saya usulkan ke gubernur Riau agar perizinan provinsi dibuka di MPP kabupaten dan kota. Cukup mengurus izin di MPP yang ada di wilayah masing-masing," kata Menpan RB Abdullah Azwar Anas di Balai Serindit Gedung Daerah Riau, Pekanbaru, Kamis (7/9/2023). 

Gedung tak menjadi yang utama untuk MPP. Gedung bekas pun tak masalah, asal lokasinya strategis.

"Salah satu contohnya, gedung Kemenhub di Terminal Kota Jayapura, Papua. Gedung itu disewa dan langsung dibikin MPP," ungkap Azwar. 

Ada juga MPP dibangun di dalam mal. Hari Sabtu dan Minggu, MPP itu tetap buka. 

"Itu inovasi," imbuhnya. 

Sekarang, MPP sudah dibangun di 139 kabupaten dan kota. Diharapkan, Riau bisa menjadi provinsi pertama yang kabupaten dan kotanya punya MPP.

"Gubernur Riau juga bisa mendorong kabupaten yang pendapatan asli daerah (PAD) tertinggi untuk pengadaan mobil layanan MPP," ucap Azwar. 

Kabupaten dan kota di Riau bisa menjadi pilot project (proyek percontohan) MPP digital. Karena, ia melihat sudah ada warga Pekanbaru yang mengurus KTP digital. 

"Kalau MPP digital jalan, masyarakat hanya sekali mengisi data. Jadi tak berulang-ulang lagi," tutur Azwar.