Pasar Sail Pekanbaru Kembali Dikelola Swasta

Pasar Sail Pekanbaru Kembali Dikelola Swasta

21 Agustus 2023
Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pengelolaan Pasar Sail akan kembali diserahkan ke perusahaan swasta. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru sedang mempersiapkan proses lelang. 

"Terkait Pasar Sail, kami sudah simpulkan untuk dikelola dengan sistem Kerja Sama Pemanfaatan (KSP). Kami kira lebih banyak manfaatnya jika dikelola secara KSP," kata Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Senin (21/8/2023). 

Disperindag akan membentuk tim untuk menghitung nilai aset. Disperindag juga mempersiapkan proses lelang (tender) investasi. 

"Kami siapkan dahulu orang-orang di bagian administrasi. Mudah-mudahan, proses lelang bisa dilakukan dalam waktu dekat," harap Ami, sapaan akrabnya. 

Untuk diketahui, Pasar Sail itu menggunakan skema Build Operate Transfer (BOT) atau biaya pembangunan ditanggung seluruhnya oleh investor sekitar tahun 2000-an. Masa pengelolaan Pasar Sail telah habis pada pertengahan 2022.

Pengelolaan Pasar Sail berakhir pada 4 Juli 2022. Pasar Sail dikelola oleh PT Riau Kerta Raharja sejak 20 tahun lalu. 

Pengelolaan Pasar Sail berakhirnya dari mitra yang lama ini. Seluruh aset telah dikembalikan ke Pemko Pekanbaru. Saat ini, Pasar Sail dikelola oleh Disperindag.