Pembelian Gas Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Segera Pakai QR Code

Pembelian Gas Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Segera Pakai QR Code

7 April 2024
Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pembelian Gas elpiji 3 Kilogram (Kg) segera menggunakan QR code di Pekanbaru. Sistem baru pembelian gas elpiji subsidi ini berdasarkan informasi dari Pertamina.

"Informasi dari Pertamina, pembeli gas elpiji 3 Kg harus pakai scan QR. Agar, pembeli elpiji 3 Kg ini lebih jelas," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Minggu (7/4/2024).

Rencana ini bertujuan agar penyaluran gas elpiji subsidi tepat sasaran. Rencana ini juga untuk mencegah terjadinya permainan harga saat membeli gas elpiji 3 Kg.

Pengelola pangkalan gas elpiji harus menerapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) gas elpiji 3 Kg yaitu Rp18.000 per tabung. Ia menyayangkan ada oknum pangkalan menjual gas elpiji 3 Kg ini Rp22.000 per tabung.

"Banyak yang menjual di atas HET. Itu sudah tidak benar itu. Maka lewat aplikasi itu diketahui siapa yang membeli dan penjualannya kemana saja," ungkap Ami, sapaan akrabnya.

Disperindag bersama instansi terkait bakal melakukan pengawasan bersama untuk alur distribusi gas elpiji 3 Kg. Agen gas elpiji juga harus diawasi.