Pemko Pekanbaru Akan Buat Aplikasi Bahan Pokok

Pemko Pekanbaru Akan Buat Aplikasi Bahan Pokok

13 Februari 2024
Asisten II Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

Asisten II Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru akan membuat aplikasi bahan pokok. Dengan aplikasi ini, warga Pekanbaru dapat mengetahui harga hingga jumlah konsumsi bahan pokok. 

"Kami ingin memperkuat sinergi antar organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dalam pengendalian inflasi. OPD tersebut antara lain, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan, serta Dinas Pertanian dan Perikanan," kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Selasa (13/2/2024). 

Disperindag terkait distribusi dan kecukupan bahan pokok. Distankan tekait produksi ataupun cara memenuhi kebutuhan. Sedangkan Disketapang melakukan pemetaan terhadap pola kebutuhan dan juga membuat konsep untuk diverifikasi. 

"Sampai saat ini, sebagian (kebutuhan bahan pokok) kita masih tergantung dari luar Pekanbaru. Kami sepakat membuat sebuah sistem pemantauan bahan pokok yang sederhana, kondisi terkini, dan bisa dipahami oleh publik," jelas Ingot. 

Dalam sistem ini disajikan data bahan pokok secara cepat. Data itu berupa harga, suplai, stok, hingga jumlah konsumsi bahan pokok.