Disdik Pekanbaru Koordinasi dengan 3 OPD di PPDB Tahun Ini

Disdik Pekanbaru Koordinasi dengan 3 OPD di PPDB Tahun Ini

5 Mei 2024
Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru bekerja sama dengan tiga organisasi perangkat daerah (OPD) dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tahun ini. Tiga OPD itu antara lain, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Sosial (Dinsos), dan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan).

"Dalam PPDB kali ini, kami berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk menerima peserta didik baru di jalur zonasi. Dinsos untuk jalur afirmasi," kata Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal, Minggu (5/5/2024). 

Disdik juga bekerja sama dengan Diskominfotiksan guna memastikan jaringan optimal selama PPDB. Sebab, PPDB dibuka secara online. 

Ada empat jalur penerimaan dalam PPDB tahun ini. Empat jalur itu yakni jalur zonasi yaitu calon peserta didik yang tinggal dekat dengan lingkungan sekolah.

Jalur afirmasi bagi calon peserta didik yang kurang mampu dari segi ekonomi. Jalur prestasi bagi calon peserta didik yang berprestasi di bidang akademik dan non akademik.

Jalur pindah orang tua yakni bagi calon peserta didik yang ikut orang tua pindah tugas. Empat jalur ini jadi jalur pendaftaran dalam PPDB pada Juli 2024.