Pemko Pekanbaru Kemas Perayaan Maulid Nabi dengan Konsep Berbeda

Pemko Pekanbaru Kemas Perayaan Maulid Nabi dengan Konsep Berbeda

18 September 2023
Asisten I Setdako Pekanbaru Masykur Tarmizi. Foto: Istimewa.

Asisten I Setdako Pekanbaru Masykur Tarmizi. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Puncak perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dikemas berbeda oleh Pemko Pekanbaru tahun ini. Agar, generasi muda dapat berpartisipasi dalam meneladani sosok Rasulullah.

Hal ini disampaikan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Masykur Tarmizi saat memimpin rapat teknis pelaksanaan Pekanbaru Maulid Festival 2023 di Ruang Rapat Masjid Ar Rahman, Jumat (15/9/2023). 

"Kami ingin menanamkan gema dan makna Maulid Nabi. Zaman sekarang memiliki tantangan berbeda terhadap generasi muda," katanya. 

Maka, kegiatan yang selaras untuk dapat mengedukasi generasi muda harus ada melalui kegiatan kolaborasi yang dapat menarik partisipasi. Salah satunya kegiatan edukasi itu adalah Pekanbaru Maulid Festival ini. 

Tak hanya bermanfaat bagi generasi muda, kegiatan ini juga sebagai dukungan kepada para pengusaha dan pelaku usaha. Selain diisi dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, helatan ini dapat mendukung dan mendorong perkembangan industri kreatif dan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Apalagi, Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru sudah menjadi destinasi Halal Tourism. 

“Kolaborasi akan diisi dengan perlombaan bernuansa Islami mulai dari story telling (menceritakan) keteladanan Nabi Muhammad SAW bagi pelajar, lomba muslim Fashion Show Syar’i, lomba rebana, lomba mars BKMT, cerdas cermat sejarah nabi, barzanji, nasyid, hadroh, marawis santri, shiroh nabawiyah, dan lain sebagainya," ungkap Masykur.

Pemko juga akan menggelar Tablik Akbar ustaz terkenal. Kemudian, ada penampilan artis religi ibu kota, Halal Expo, Gerak Jalan, dan Defile Permata BKMT se-Kota Pekanbaru, dan konvoi salawat nabi. 

"Pekanbaru Maulid Festival 2023 ini adalah helatan perdana yang kami. Jika tidak ada halangan yang berarti, acara ini akan kami gelar pada 4-8 Oktober 2023 di Mal Living World. Puncak acara pada 11 Oktober 2023 yang ditandai dengan pelepasan defile ribuan Permata BKMT start dari jalan Gajah Mada dan Finish di MPP Kota Pekanbaru," jelas Masykur.