Pemko Pekanbaru Siapkan MoU dengan Daerah Penghasil Bahan Pokok di Sumbar

Pemko Pekanbaru Siapkan MoU dengan Daerah Penghasil Bahan Pokok di Sumbar

23 Februari 2023
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Foto: Surya/Riau1.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru tengah menyiapkan Nota Kesepahaman (MoU) pembelian bahan pokok dengan daerah penghasil di Sumatera Barat (Sumbar). Dengan MoU ini, Pemko Pekanbaru langsung membeli bahan pokok ke para petani di Sumbar. 

"Kami berupaya agar harga bahan pokok terkendali. Agar, inflasi kita tak jauh lagi dari inflasi nasional," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Kamis (24/2/2023). 

Hari ini, angka inflasi Pekanbaru masih tinggi. Pada bulan Desember 2022, inflasi Pekanbaru hanya 0,92 persen. Pada bulan Januari 2023, inflasi turun menjadi 0,63 persen. 

Jika dinilai dari tahun ke tahun (year on year), inflasi Pekanbaru memang 6 persen. Jika bicara bulan ke bulan (month to month), inflasi Pekanbaru sudah terkendali. 

"Mudah-mudahan, inflasi Pekanbaru bisa diturunkan lagi pada bulan Februari ini," harap Muflihun. 

Dalam menekan inflasi yang dipengaruhi kenaikan harga bahan pokok tertentu, Pemko Pekanbaru telah merencanakan berbagai upaya. Pemko akan membeli langsung bahan pokok dari daerah penghasil. 

"Kami akan membuat MoU. Kami juga siapkan koperasi dan Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk transportasi dari daerah penghasil di Sumbar. Sehingga, harga bahan pokok terkendali," sebut Muflihun.