Pemprov Riau Kucurkan Bankeu Perbaikan 23 Ruas Jalan di Pekanbaru

Pemprov Riau Kucurkan Bankeu Perbaikan 23 Ruas Jalan di Pekanbaru

13 April 2024
Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemprov Riau akan mengucurkan bantuan keuangan (Bankeu) ke Pemko Pekanbaru. Bankeu ini digunakan untuk memperbaiki 23 ruas jalan rusak. 

"Kadis PUPR Riau mengungkapkan bahwa ada sebanyak 23 ruas jalan prioritas dalam kondisi rusak. Jalan tersebut merupakan kewenangan pemko," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Sabtu (13/4/2024). 

Diharapkan, Pemprov Riau mengucurkan bankeu Pemko Pekanbaru untuk perbaikan 23 ruas jalan tersebut. Sehingga, jalan yang rusak bisa selesai diperbaiki. 

"Kami berterima kasih kepada Pj gubernur Riau yang memiliki kepedulian yang tinggi," ucap Indra Pomi. 

Diberitakan sebelumnya, Pemprov Riau akan membantu Pemko Pekanbaru memperbaiki 16 ruas jalan sudah rusak parah. Kerusakan jalan itu mulai dari aspal yang sudah kasar hingga lubang jalan yang makin dalam.

"Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto berkesempatan meninjau kondisi jalan di Pekanbaru kemarin. Dari tiga program prioritas beliau, salah satunya melakukan perbaikan jalan di Pekanbaru," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution usai kegiatan silaturahmi antar Pj Wali Kota Muflihun dengan para kader PKK dan BKMT di rumah dinas, Minggu (3/3/2024).

Karena, Pekanbaru ini merupakan wajah Provinsi Riau. Ada 16 ruas jalan Pekanbaru yang akan diperbaiki Pemprov Riau.

Perbaikan jalan dilakukan dengan pola pemeliharaan berkala atau overlay. Ada juga perbaikan jalan dengan pola tambal sulam atau pemeliharaan fungsional.

"Kemarin, beliau meninjau Jalan Cut Nyak Dien. Jalan tersebut tidak ada lubang tapi aspal sudah kasar," ungkap Indra Pomi.

Peninjauan dilanjutkan ke Jalan Ahmad Yani seperti di depan SD Santa Maria dan simpang Jalan Pangeran Hidayat. Ada lubang yang cukup dalam di dua lokasi ini.

Lubang Jalan itu akan diperbaiki dengan pola overlay. Mainhole IPAL akan ditinggikan.

Kemudian, peninjauan dilanjutkan ke Jalan Juanda. Jalan ini juga akan diperbaiki.

Di sana, ada juga mainhole IPAL. Badan Jalan Juanda akan ditinggikan 45 sentimeter.

"Terakhir, kami meninjau Jalan Cipta Karya. Jalan Cipta Karya akan dioverlay oleh Pemprov Riau," ujar Indra Pomi.

Proses perbaikan jalan dengan pola overlay tak menjamin aspal bertahan lama. Karena, badan jalan sering terendam banjir.

"Karena itu, Pj gubernur memerintahkan kepala Dinas PUPR Riau untuk memperbaiki drainase jalan yang akan dioverlay. Sebelumnya, kami sudah membuat surat kepada gubernur Riau agar membantu Pemko Pekanbaru memperbaiki jalan yang rusak," sebut Indra Pomi.