Perpustakaan Tenas Effendy Terbaik Nasional Kategori Inovasi Promosi Layanan

Perpustakaan Tenas Effendy Terbaik Nasional Kategori Inovasi Promosi Layanan

25 September 2023
Kepala Dispusip Pekanbaru Erna Juita (tengah) saat akan menerima penghargaan di Yogyakarta pada 21 September 2023. Foto: Istimewa.

Kepala Dispusip Pekanbaru Erna Juita (tengah) saat akan menerima penghargaan di Yogyakarta pada 21 September 2023. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Perpustakaan Tenas Effendy mendapatkan penghargaan terbaik di tingkat nasional saat pelaksanaan Peer Learning Meeting (PLM) di Yogyakarta pada 21 September 2023. Penghargaan ini disematkan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru. 

"Penghargaan ini sebagai pengakuan atas kinerja kegiatan pelibatan masyarakat non pengembangan kapasitas yang terkategori promosi, seperti literatur, bimbingan pemustaka, bimbingan referensi, fasilitasi kegiatan masyarakat melalui layanan ruang komunal maupun pemanfaatan aula dan ruang informasi teknologi (IT) untuk perekaman cerita," kata Kepala Dispusip Pekanbaru Erna Juita, Senin (25/9/2023). 

Capaian ini didokumentasikan dalam aplikasi Sistem Informasi Manajemen  (SIM) sebagai media pelaporan bagi perpustakaan mitra Perpusnas dalam Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS). Penghargaan menjadi motivasi untuk terus berkembang dan meningkatkan layanan Perpustakaan Tenas Effendy

“Tujuan utamanya agar masyarakat bisa merasakan manfaat yang lebih besar dari keberadaan perpustakaan,” ucap Erna. 

Melalui program TPBIS, perpustakaan telah bertransformasi menjadi ruang publik yang aktif melibatkan masyarakat dalam berbagai kegiatan bermanfaat, seperti pelatihan menulis cerpen bagi peserta didik SMP. TPBIS  juga menggelar beragam workshop untuk masyarakat, mulai dari pembuatan bakso hingga teknik menganyam rotan.

“Semua ini untuk membantu masyarakat mengembangkan keahlian. Sehingga, mereka dapat meningkatkan kualitas hidup," jelas Erna.

Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Pemko Pekanbaru. Tetapi, penghargaan ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk terus berinovasi dalam menyediakan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat. 

“Semoga penghargaan ini menjadi langkah awal untuk lebih banyak prestasi yang akan datang dalam upaya meningkatkan literasi dan kesejahteraan," harap Erna.