Pj Wali Kota Pekanbaru Resmikan Lapangan Sepakbola dan Buka Kejurnas PPLP di Sport Center Kulim

Pj Wali Kota Pekanbaru Resmikan Lapangan Sepakbola dan Buka Kejurnas PPLP di Sport Center Kulim

14 Juni 2023
Pertandingan sepakbola antara SKO Riau (biru) melawan SKO Babel dalam Kejurnas PPLP di lapangan sepakbola Kawasan Sport Center Kulim Pekanbaru, Rabu (14/6/2023) petang. Foto: Surya/Riau1.

Pertandingan sepakbola antara SKO Riau (biru) melawan SKO Babel dalam Kejurnas PPLP di lapangan sepakbola Kawasan Sport Center Kulim Pekanbaru, Rabu (14/6/2023) petang. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Lapangan sepakbola di kawasan Sport Center di Kecamatan Kulim akhirnya diresmikan Pemko Pekanbaru, Rabu (14/6/2023) petang. Lapangan sepakbola ini digunakan perdana untuk Kejuaraan Nasional (Kejurnas) antar Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar/Daerah (PPLP/D) dan Sekolah Khusus Olahraga (SKO). 

"Petang ini, kami membuka kejurnas PPLP/D sekaligus peresmian lapangan sepakbola di kawasan Sport Center di Kecamatan Kulim. Kegiatan ini sangat luar biasa sekali," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun menonton laga SKO Riau melawan SKO Bangka Belitung (Babel) di lapangan sepakbola Sport Center Kulim, Rabu. 

Sport Center ini terwujud ini berkat dukungan wali kota sebelumnya (Firdaus). Karena, Pekanbaru ini sangat minim fasilitas olahraga.

"Diharapkan, Sport Center ini bisa kami kembangkan terus. Sport Center ini bisa menjadi sentral olahraga di Pekanbaru," ujarnya. 

Kalau ingin menumbuhkembangkan olahraga, maka harus disiapkan sarana dan prasarananya. Sehingga, event nasional bisa digelar di Pekanbaru seperti saat ini.

Kesempatan berbeda, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pekanbaru Hazli Fendriyanto mengatakan, pertandingan sepakbola perdana telah digelar tadi pagi. Ada 12 tim yang bertanding dalam Kejurnas PPLP/D SKO ini. 

"Mereka dibagi menjadi empat grup. Mereka hanya mengikuti laga penyisihan saja di sini pada 14-16 Juni pagi dan petang. Jadi, ada enam pertandingan di lapangan sepakbola Sport Center ini," jelasnya.

Empat tim juara grup masuk langsung masuk semifinal. Semifinal dan final akan digelar Stadion Utama Riau.  

"Kualitas lapangan mendapat apresiasi dari sejumlah pihak. Hal ini dibuktikan dengan lapangan yang diguyur hujan  deras pada dini hari. Lapangan sepakbola ini tak tergenang air sama sekali," ungkap Hazli. 

Terima kasih disampaikan kepada Pj Wali Kota Muflihun yang telah meresmikan lapangan sepakbola di Kawasan Sport Center Kulim. Kini, Pekanbaru telah memiliki lapangan berstandar nasional. 

Untuk diketahui, lahan Sport Center ini seluas 12 Hektare (Ha) dengan status Sertifikat Hak Milik (SHM). Luas lapangan sepakbola ini 4,5 Ha. Luas lapangan menembak 3,2 Ha. Luas Bumi Perkemahan Pramuka 1,5 Ha.

"Sisanya ada fasilitas olahraga Takraw, Badminton, Basket, Bola Voli, dan beberapa Ruang Terbuka Hijau (RTH)," sebut Hazli.