PMI Pekanbaru Akan Bantu Warga Terkena Musibah, Bawa Logistik Sendiri

PMI Pekanbaru Akan Bantu Warga Terkena Musibah, Bawa Logistik Sendiri

14 Mei 2023
Ketua PMI Pekanbaru Abdul Jamal. Foto: Istimewa.

Ketua PMI Pekanbaru Abdul Jamal. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru tak lagi fokus dari hal donor darah. Program ke depan, PMI Pekanbaru akan turun membantu warga yang terkena musibah. 

Ketua PMI Pekanbaru Abdul Jamal di rumah dinas wali kota, Sabtu (13/5/2023), mengatakan, ada tujuh tugas PMI berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan. Pertama, memberikan bantuan kepada korban konflik bersenjata dan gangguan keamanan. Kedua, memberikan pelayanan darah sesuai ketentuan perundang-undangan. Ketiga, melakukan pembinaan relawan. 

"Pada tahun ini, kami melakukan pelatihan bagi relawan PMI dari Korps Sukarela (KSR)," ujarnya. 

Keempat, melaksanakan pendidikan dan pelatihan. Kelima, menyebarluaskan informasi. Keenam, membantu penanganan musibah.

"Kami sudah berkomitmen membantu setiap musibah yang terjadi di Kota Pekanbaru. Kalau ada banjir atau kebakaran, kami akan hadir di lokasi kejadian. Kami juga akan membawa logistik sendiri," ucap Jamal. 

PMI juga akan mendukung program Penjabat (Pj) wali kota dalam pemberantasan stunting. Program pengentasan kemiskinan ekstrem juga didukung. 

"Tugas PMI yang terakhir adalah memberikan pelayanan kesehatan. Kami sudah membeli mobil ambulans baru guna mendukung program Doctor on Call," sebut Jamal.