Program UHC Sudah Dirasakan 1.300 Warga Pekanbaru

Program UHC Sudah Dirasakan 1.300 Warga Pekanbaru

22 Agustus 2023
Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Program Universal Health Coverage (UHC) sudah dirasakan 1.300 warga Pekanbaru. Padahal, program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah diresmikan pada 28 Juli 2023.

"Ada 1.300 orang yang sudah memanfaatkan program ini. Banyak warga menyampaikan terima kasih kepada Pj wali kota," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy di Gedung DPRD, Selasa (22/8/2023). 

Karena, perhatian Pj wali kota sangat besar terhadap warganya. Selama menjabat, program Pj wali kota selalu berhubungan dengan kesehatan masyarakat. 

"Jadi, warga yang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan ini adalah warga dengan KTP Pekanbaru dengan NIK sudah aktif (online). Kemudian, warga berstatus bukan pekerja (bukan penerima upah)," jelas Dokter Bob, sapaan akrabnya. 

Lalu, warga yang memang sedang membutuhkan pelayanan kesehatan. Pemko akan membantu membiayai pengobatan warga tersebut. 

Pelayanan kesehatan dimulai dari tingkatan puskesmas. Ada 21 puskesmas yang tersebar di Pekanbaru. Jika butuh rujukan, maka warga dirujuk ke rumah sakit yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.