Pusat Perintahkan Pemko Pekanbaru Bersiap Hadapi Pandemi Covid-19 Usai Libur Nataru

Pusat Perintahkan Pemko Pekanbaru Bersiap Hadapi Pandemi Covid-19 Usai Libur Nataru

15 Desember 2022
Asisten I Setdako Pekanbaru Syoffaizal. Foto: Surya/Riau1.

Asisten I Setdako Pekanbaru Syoffaizal. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru dan pemerintah daerah lainnya diperintahkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mempersiapkan diri pada 2023. Agar, Pemko Pekanbaru lebih siap dalam menghadapi pandemi Covid-19 usai libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

"Ada dua peran pemerintah daerah yang diharapkan dalam perubahan perilaku pada 2023. Pertama, melakukan edukasi dan sosialisasi, serta yang kedua membuat kebijakan yang mendukung pencegahan Covid-19," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Syoffaizal, Kamis (15/12/2022). 

Dalam hal edukasi dan sosialisasi, pemerintah daerah diminta melaksanakan penguatan literasi hubungan dan ilmu pengetahuan terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). PHBS enjadi teladan bagi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan (prokes), pola hidup bersih dan sehat.

"Mendokumentasikan praktik-praktik baik, pengalaman dalam penanganan Covid-19 di lingkungannya, serta bekerja sama dengan pihak terkait dalam melakukan edukasi, sosialisasi dan mitigasi seperti menjaga titik lengah Nataru dan momen penting lainnya di 2023," ungkap Syoffaizal.