Utusan Kemendagri dan BRIN Beri Pencerahan Inovasi ke Kepala OPD Pemko Pekanbaru

Utusan Kemendagri dan BRIN Beri Pencerahan Inovasi ke Kepala OPD Pemko Pekanbaru

10 Mei 2023
Utusan BRIN (kiri) dan Kemendagri (kanan) bersama Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun dalam Workshop Champion of Innovation di aula Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Rabu (10/5/2023). Foto: Istimewa.

Utusan BRIN (kiri) dan Kemendagri (kanan) bersama Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun dalam Workshop Champion of Innovation di aula Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Rabu (10/5/2023). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Utusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Riset dan Inovasi (BRIN) memberikan pencerahan terkait inovasi kepada para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemko Pekanbaru. Karena, inovasi dalam bentuk aplikasi dibutuhkan di era kemajuan teknologi saat ini.

Pencerahan ini disampaikan narasumber dari Kemendagri dan BRIN dalam acara Workshop Champion of Innovation di aula Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Rabu (10/5/2023). Workshop ini digelar karena Pekanbaru meraih juara dua sebagai Kota Terinovatif Tahun 2022.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution usai seminar mengatakan, workshop ini digelar dalam rangka membuat inovasi-inovasi di Pemko Pekanbaru. Aparatur Sipil Negara (ASN) mesti membuat inovasi guna memudahkan dan mempercepat pelayanan. 

"Agar, kita bisa mewujudkan harapan masyarakat. Saya harap seluruh OPD bisa melakukan inovasi supaya bisa memberikan pelayanan yang baik. Itu intinya," jelasnya. 

Pj Wali Kota Muflihun menyampaikan bahwa setiap OPD mesti ada inovasinya. Karena, Pekanbaru meraih peringkat kedua nasional sebagi Kota Terinovatif pada 2022. Lebih dari 170 inovasi yang diciptakan tahun lalu. 

"Tahun ini, kami memperoleh nilai yang lebih baik. Laporannya bagus, tulisannya bagus. Supaya bisa memberikan nilai yang terbaik bagi kami," ujar Indra Pomi.

Di sela-sela workshop, Pj Wali Kota Muflihun menyerahkan piagam penghargaan kepada dua OPD terinovatif. Dua OPD itu adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). 

Usai workshop, Kepala Pusat Inovasi Kemendagri Aferi Fudail menyerahkan penghargaan kepada tiga orang PNS sebagai motivator dalam mendorong inovasi daerah. Penghargaaan ini menjadi dorongan semangat bagi tiga PNS agar terus berkarya. 

"Penghargaan ini guna mendorong teman-teman OPD untuk berinovasi. Karena, mereka telah menjadi narasumber di tingkat Provinsi Riau. Mereka menjadi kebanggan kami di Pemko Pekanbaru," ucap Indra Pomi. 

Penghargaan juga diberikan kepada Kecamatan Bukit Raya, Rumah Sakit Daerah Madani, Dinas Pertanahan, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian, Kecamatan Rumbai, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Ketahanan Pangan, dan Dinas Pendidikan.