Warga Pekanbaru Diimbau Selalu Waspada Kebakaran Lahan

Warga Pekanbaru Diimbau Selalu Waspada Kebakaran Lahan

29 April 2024
Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra

Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra

RIAU1.COM - Warga Pekanbaru diimbau selalu waspada dalam upaya pencegahan kebakaran lahan. Apalagi, cuaca sangat terik akhir-akhir ini. 

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Kota Pekanbaru Zarman Chandra, Senin (29/4/2024), meminta jajaran pemerintah mulai dari camat dan Forkopimcam menggiatkan sosialisasi pencegahan kebakaran lahan kepada warga. Pencegahan dapat dilakukan  dengan tidak membuka lahan dengan cara dibakar, tidak membuang bara api atau puntung rokok sembarangan, dan selalu saling memperhatikan apabila ada lahan terbuka di wilayah pemukimannya.

"Kami mohon agar imbauan kami untuk mencegah kebakaran lahan ini disampaikan kepada ketua RT dan RW serta warga. Agar, pencegahan kebakaran lahan yang lebih utama dan efektif," ujarnya.

Kontribusi dari warga untuk memantau lingkungannya masing-masing akan sangat berarti untuk mengantisipasi kebakaran lebih efektif dan efisien. Apabila terjadi kebakaran lahan, warga diminta saling bahu-membahu membantu memadamkan. 

"Namun, bila api diperkirakan tidak bisa dipadamkan sendiri, maka segera hubungi call center BPBD Kota Pekanbaru di nomor 08117651464," jelas Zarman.