Warga Pekanbaru Dapat Rumah Layak Huni, Anggaran dari Bankeu Provinsi

Warga Pekanbaru Dapat Rumah Layak Huni, Anggaran dari Bankeu Provinsi

26 Desember 2021
Saat penyerahan kunci RLH secara simbolis

Saat penyerahan kunci RLH secara simbolis

RIAU1.COM - Akhir pekan ini Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, meyambangi warga Kota Pekanbaru untuk menyerahkan kunci Rumah Layak Huni (RLH) dibeberapa lokasi di Pekanbaru. 

Lokasi pertama yang kunjungi yaitu Jalan Cahaya Puri No. 112 RT.004/RW.016 Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya. Selanjutnya, Jalan Pandu RT. 02/RW.01, Kelurahan Simpang Tiga, Kec. Bukit Raya, Kota Pekanbaru.

"Kami tentunya bahagia sekali bisa silaturrahmi sekaligus ikut menyerahkan bantuan Rumah Layak Huni," kata Gubernur.

Sebelumnya, Syamsuar mengatakan bantuan RLH di Riau dibangun dengan menggunakan dana Bantuan Keuangan (Bankeu) khusus dari APBD Riau

"Pembangunan Rumah Layak Huni di kabupaten/kota ini memang bersumber dari APBD. Pada awalnya dulu ini dikerjakan langsung oleh Dinas PUPR. Tetapi karena ada regulasi atau peraturan, sekarang bentuknya Bantuan Keuangan. Bankeu dari Pemerintah Provinsi kepada pemerintah kota atau kabupaten secara swakelola,” ujarnya.

Menurut Gubri, seperti diketahui saat ini masih banyak warga yang memerlukan atau membutuhkan rumah layak huni yang baik sekaligus bisa permanen.

"Alhamdulillah mulai kami bertugas di Provinsi Riau, mulai tahun 2019, 2020, hingga 2021 ini terus kita punya perhatian terhadap Rumah Layak Huni ini," ungkapnya. 

Lalu, Pemprov Riau akan memberikan bantuan untuk masyarakat yang yang memenuhi kriteria untuk mendapatkan RLH.

"Ini semua tujuannya untuk membantu warga kita yang rumahnya belum layak huni," ungkapnya. 

Sebab itu, Gubernur Riau berharap agar bantuan Rumah Layak Huni ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

"Karna itulah, kami hadir pada hari ini sekaligus meninjau. Mudah-mudahan bapak ibu bisa menerima dengan senang hati," tuturnya.*