Jumat, 30 September 2022

RIAU

Masih Ada 518 Sapi di Riau Terjangkit PMK

news24xx


Ilustrasi/Net Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Data terbaru kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Provinsi Riau terus bertambah. Total hingga saat ini kasus PMK di Riau sudah mencapai 714 kasus. 

Baca Juga: Berani Simpan Sabu, Pemuda di Perawang Ini Harus Berurusan dengan Polisi

Secara nasional, kasus PMK di Provinsi Riau menduduki peringkat ke 16. Riau berada di bawah Provinsi Lampung dan DKI Jakarta. Sementara diurutan pertama masih diduduki oleh Provinsi Jawa Timur dengan total mencapai 125.633 kasus PMK. 

Dari jumlah tersebut, sudah ada 193 ekor sapi yang sebelumnya terpapar PMK kini sudah dinyatakan sembuh. Kemudian ada 2 ekor sapi yang mati akibat PMK dan 1 ekor potong bersyarat. 

"Sehingga masih ada  518 ekor sapi lagi di Riau yang hingga saat ini masih terpapar PMK," kata Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan Dinas PKH Riau, drh Faralinda Sari, Senin (4/7/2022).

Sejauh ini,sambung dia, beberapa daerah yang sebelumnya sempat ditemukan kasus PMK, sapinya sudah banyak yang sembuh. 

Saat ini kondisi sapi sapi yang dinyatakan sembuh tersebut kondisi kesehatan sudah membaik. Hasil pemeriksaan sampelnya pun sudah negatif. 

Meski sudah ditemukan ada dua ekor sapi yang mati akibat PMK, namun menurut Fara, sapi yang terkena PMK di Riau gejalanya masih ringan sampai sedang. Belum ditemukan ada yang bergejala berat hingga kuku terlepas.

Baca Juga: 21 Kontingen Pramuka Riau Ikuti Peran Saka Nasional 2022

"Rata-rata gejalanya ringan sampai sedang," imbuhnya.*





loading...
Loading...