Menteri Sandiaga Buka Pameran AKI 2022 di Pekanbaru

Menteri Sandiaga Buka Pameran AKI 2022 di Pekanbaru

18 September 2022
Menparekraf, Sandiaga Uno

Menparekraf, Sandiaga Uno

RIAU1.COM -Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Mall Ciputra Seraya Pekanbaru, Ahad (18/9/2022) dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

AKI merupakan program unggulan pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik, yang akan diselenggarakan di 16 Kota/Kabupaten di Indonesia.

Program ini diharapkan hadir untuk mendorong UMKM kreatif Indonesia naik kelas dan percepatan pertumbuhan ekonomi.

Pekanbaru merupakan kota terakhir dari rangkaian pameran 16 kota/kabupaten.

AKI 2022 telah dilaksanakan di 15 kota sebelumnya. Yakni di Tasik, Cirebon, Yogyakarta, Tegal, Banjarmasin, Padang, Tangerang, Cilegon, Pontianak, Banda, Aceh, Jember, Kendari, Sidoarjo, Jambi dan Ambon.

Tahun kedua dilaksanakannya program unggulan Kemenparekraf ini dalam rangka membangkitkan kembali perekonomian masyarakat dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi pelaku ekonomi kreatif di seluruh Indonesia.

Selain itu juga diharapkan produk atau karya yang lahir dari Apresiasi Kreasi Indonesia bisa menjadi ikon produk lokal yang mendunia.

“Kita terus meningkatkan jumlah pelaku ekonomi kreatif untuk siap go digital. Ditargetkan ada 20 juta UMKM yang terdigitalisasi di akhir 2023 dan on boarding di platform e-commerce, agar produk ekonomi kreatif Indonesia tidak hanya bisa Go Nasional tapi juga Go Internasiona," sebut Sandiaga.*