Akhir Tahun, Ini yang Diinginkan Gubri dari Masyarakat Riau

Akhir Tahun, Ini yang Diinginkan Gubri dari Masyarakat Riau

30 Desember 2023
Gubri Edy Natar

Gubri Edy Natar

RIAU1.COM - Menurut Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar, akhir tahun merupakan waktu yang paling tepat bagi masyarakat untuk bermuhasabah diri.

“Dua hari lagi kita akan berakhir tahun 2023. Artinya, kita mau memasuki tahun baru, sudah selayaknya kita menjalani hidup ini, kita harus mengevaluasi atau bermuhasabah diri bagaimana kehidupan kita selama setahun ini,” kata Gubri Edy di Masjid Paripurna Al-Ikhwan, Jalan Pesantren, Keluraran Pebatuan, Kecamatan Kulim, Pekanbaru, Riau, pada Sabtu (30/12/23).

Dijelaskan, proses ini memberikan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai yang sebenarnya penting dalam hidup. Dengan begitu dapat membuka mata terhadap potensi diri yang mungkin belum sepenuhnya digali.

“Jadi kita harus mengingat betul bagaimana ketakwaan kita selama setahun ini. Sebenarnya makna tersebut sangat dalam, mari kita lihat kembali apa yang sudah kita lakukan,” jelasnya.

Diungkapkan, muhasabah diri bukan hanya berfokus pada keberhasilan materi, tetapi juga mencakup aspek kebahagiaan mental dan emosional. Ia menambahkan, proses ini menciptakan kesadaran diri yang lebih dalam, membangun ketahanan mental dan mendorong manusia untuk terus berkembang menjadi versi terbaik dari diri mereka.

“Karna itulah saya mengingatkan jemaah sekalian agar bisa muhasabah diri. Kalau inilah yang kita lakukan, insyaAllah, Allah akan memberikan keberkahan. Jangan kita melihat hasilnya, tapi berusahalah. Karena Allah akan selalu melihat usaha kita,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia sangat berpesan agar masyarakat seharusnya bisa melakukan muhasabah diri di akhir tahun. Sebab muhasabah diri di akhir tahun menjadi langkah penting dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi masa depan dengan ketenangan batin dan tekad semangat yang baru.

“Oleh karena itu, mari kita evaluasi diri kita, ibadah yang paling tepat untuk menghabiskan akhir tahun ini. Berdoa dan bersyukur dengan yang telah Allah berikan. Semoga di tahun depan kita bisa melakukan berbagai kebaikan lainnya,"tukasnya.*