Arti Penting Program Zapin Bagi Pertumbuhan Ekonomi Riau Menurut Gubri

Arti Penting Program Zapin Bagi Pertumbuhan Ekonomi Riau Menurut Gubri

12 September 2023
Gubernur Riau, Syamsuar sampaikan pentingnya program Jaga Zapin

Gubernur Riau, Syamsuar sampaikan pentingnya program Jaga Zapin

RIAU1.COM - Menurut Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar program Jaga Zona Pertanian, Perekonomian, dan Perindustrian (Jaga Zapin) sangat bermakna bagi Provinsi Riau. Karena sebut dia, pertumbuhan ekonomi Riau sangat bergantung dengan harga tandan buah segar (TBS) sawit.

"Kalau anjlok harga sawit, pasti pertumbuhan ekonomi rendah. Sekarang pertumbuhan ekonomi kita cukup naik 4,88 persen dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) kita termasuk urutan 7 nasional, yang terpenting kesejahteraan petani naik. Jadi ini membuktikan terjadinya peningkatan," jelasnya.

Lalu disampaikannya, keberadaan Jaga Zapin merupakan kunci nyata kepedulian dan keberpihakan Kejati Riau terhadap sektor perkebunan, khususnya kelapa sawit. Jaga Zapin telah memberikan ruang bagi seluruh stakeholder untuk berperan aktif membenahi tata kelola perkebunan sawit secara menyeluruh.

"Kita semua berharap agar langkah-langkah kolaborasi antara pemerintah daerah, Kejati Riau, Polda Riau dan stakeholder lainnya dapat membuahkan hasil yang signifikan bagi masyarakat dalam pembangunan daerah dan juga pembangunan nasional," sebut Gubri.

Menurut data statistik tahun 2020, tambah dia, Provinsi Riau memiliki luas wilayah 8,9 juta hektare dengan jumlah penduduk saat ini 6,83 juta jiwa. Lalu disampaikan, Riau memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang beranekaragam termasuk tambang dan juga perkebunan kelapa sawit.

Potensi tersebut, lanjutnya, merupakan modal bagi daerah untuk mewujudkan kondisi ekonomi lebih makmur dan sejahtera dimasa yang akan datang. Satu diantara SDA unggulan Riau adalah sektor perkebunan yang memiliki 5 komoditi utama.

"Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam satu dekade terakhir sektor perkebunan menjadi penggerak utama perekonomian Provinsi Riau. Bahkan saat negara dilanda Covid, hanya sektor perkebunanlah yang tetap tumbuh positif dalam berkontribusi terhadap ekonomi Indonesia," ujarnya.

"Dapat kita pahami bersama bahwa besarnya pengaruh perkebunan kelapa sawit ini disebabkan sebaran lahan perkebunan yang merata disetiap kabupaten/kota, dengan melibatkan 823.026 KK petani. Jika satu KK terdiri dari 4 orang maka sekitar 3,3 juta orang menggantungka hidupnya dari perkebunan kelapa sawit atau sekitar 49,6 persen dari jumlah penduduk Provinsi Riau," imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikan, pembangunan perkebunan kelapa sawit telah memberikan manfaat lagsung maupun tidak langsung bagi masyarakat daerah dan nasional. Disamping itu, ucapnya, keberadaannya telah berkontribusi signifikan dalam mengurangi jumlah penduduk miskin dan pengangguran.

"Maka dari itu, meyelesaikan persoalan-persoalan yang terdapat dalam sektor perkebunan ini menjadi perhatian kita bersama. Tentunya untuk memperjuangkan kesejahteraan bagi rakyat kita," tukasnya.*