Bisakah Pegawai PPPK Diberi Jabatan? Pemprov Riau akan Surati Pemerintah Pusat

Bisakah Pegawai PPPK Diberi Jabatan? Pemprov Riau akan Surati Pemerintah Pusat

5 Oktober 2023
Pelantikan PPPK di lingkungan Pemprov Riau

Pelantikan PPPK di lingkungan Pemprov Riau

RIAU1.COM - Seluruh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) formasi Tenaga Teknis dan Guru di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah dilantik Gubernur Syamsuar.

Pelantikan ini dilakukan secara virtual dan langsung di Gedung Pauh Janggi, Pekanbaru, Rabu (04/10/2023).

Dikatakan Gubri Syamsuar, pengambilan sumpah pegawai ini dilaksanakan telah sesuai dengan peraturan pemerintah. Menurutnya, jika pelantikan dan pengambilan sumpah ini di perlambat maka akan menganggu pembayaran gaji para PPPK.

“Hari inikan kita mengambil sumpah dari para pegawai PPPK, baik yang berasal dari guru maupun juga tenaga teknis. Ini adalah amanah dari peraturan. Karena nanti mereka dari sinilah baru bisa mengusulkan pembayaran gajinya. Jadi supaya tidak terlambat pembayaran makanya kita percepat pelantikan dan pengambilan sumpah,” kata Syamsuar.

Dijelaskannya, dalam beberapa bulan yang lalu dia bersama jajaran telah melakukan penganggkatan secara langsung turun ke daerah, hal tersebut dilakukan agar dapat memberikan motivasi dan mendengarkan keluh kesah dari pegawai. Ia menambahkan, PPPK ini sudah sama seperti Aparatur Sipil Negara (ASN) sehingga diharapkan untuk pegawai yang telah dilantik agar mengemban amanah sebaik-baiknya.

“Saya berharap tentunya dengan ada begini, tidak ada perbedaan antara ASN dan PPPK. Sepanjang boleh dalam peraturan, mereka diberikan amanah dan kepercayaan terhadap memegang sesuatu jabatan yang boleh diberikan kepada mereka. Karena saat inikan mereka jabatan fungsional,” jelasnya.

Gubernur Syamsuar menerangkan, ia telah mengintruksi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan agar menyurati kementerian terkait untuk menanyakan status pegawai PPPK ini dapat bisa menerima jabatan atau tidak. Sehingga, dengan begitu tentunya akan mempermudahkan menyiapkan pegawainya.

“Tapi kalau nanti mereka ada tugas bisa membantu bendahara mereka ini dapat diberi ruang. Itu makanya saya minta ke kepala BKD agar membuat surat ke kementerian terkait supaya nanti kita bisa mendapatkan petunjuk,” terangnya.

“Persoalan saat ini, kadang di beberapa sekolah, kepala sekolah ada yang kewalahan menyiapkan tenaga teknis. Karena mereka takut salah penggunaan dan salah administrasinya,” lanjutnya.

Lebih lanjut, ia berharap seluruh pegawai PPPK ini dapat lebih konsentrasi dan selalu semangat mengemban tugas. Untuk PPPK Guru, dirinya berpesan agar dapat mengajar sepenuh hati serta dapat meningkatkan prestasi anak-anak.

“Saya harapkan mereka bersemangat konsentrasi penuh untuk mengajar anak-anak. Saya ingin kita ini tampil terus supaya dapat prestasi. Kita harapkan prestasi yang lebih lagi, tidak hanya di lingkungan kota, harapan saya ada peningkatan kualitasnya masih yang perlu ditingkatkan," harapnya.*