BMKG Pekanbaru: Potensi Hujan Lokal di Beberapa Wilayah Riau

BMKG Pekanbaru: Potensi Hujan Lokal di Beberapa Wilayah Riau

17 Maret 2024
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Kondisi cuaca di wilayah Riau hari ini, Ahad (17/3/2023) berdasarkan data Berdasarkan prakiraan cuaca terbaru dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan
Geofisika (BMKG) Pekanbaru, berpotensi hujan lokal.

"Dari pagi hingga dini hari, sebagian besar wilayah Riau diperkirakan akan cerah berawan dengan potensi hujan lokal, sementara pada malam hari, potensi hujan akan meningkat di beberapa daerah," kata Forecaster On Duty, Moh Ibnu Amiruddin.

Pada pagi hingga siang hari ini udara kabur dan cerah berawan. Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kampar, Siak, Pelalawan, Bengkalis, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir.

Lalu, sore harinya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Siak, Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir , Rokan Hulu dan Pekanbaru.

Lalu, malam hingga dini hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang tidak merata diprakirakan terjadi di sebagian besar wilayah Riau.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi dan Pekanbaru pada pagi, sore atau malam dan dini hari," imbaunya.

BMKG juga merilis prakiraan cuaca untuk Riau hari ini dengan rentang suhu udara antara 22.0 hingga 33.0 °C.

Kelembapan udara diprediksi berada dalam kisaran 55 hingga 99%. Angin diperkirakan bertiup dari arah Barat Laut menuju Timur dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 30 km/jam

"Untuk prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter (Rendah)," jelasnya.

Sementara itu, data terbaru dari BMKG mencatat adanya 45 titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera hari ini. Secara rinci, Aceh memiliki 2 hotspot, Bengkulu 8, Jambi 4, Lampung 2, Sumatera Barat 5, Sumatera Selatan 2, Sumatera Utara 3, Kepulauan Riau 1, Bangka Belitung 9, dan Riau 9 hotspot.

Selain itu, terdapat hotspot di beberapa kabupaten dan kota di Riau, yaitu Kabupaten Bengkalis (2), Kabupaten Meranti (1), Kota Dumai (4), dan Kabupaten Indragiri Hulu (2).*