Deklarasi Pemilu Damai di UIR, Gubri: Ini Pembuktian Bangsa Jalankan Demokrasi

Deklarasi Pemilu Damai di UIR, Gubri: Ini Pembuktian Bangsa Jalankan Demokrasi

12 Januari 2024
Gubernur Riau, Edy Natar

Gubernur Riau, Edy Natar

RIAU1.COM - Seminar kebangsaan dan Deklarasi Pemilu Damai dengan tema Pemilu Cerdas, Indonesia Berjaya digelar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau (UIR), Jumat (12/1). 

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar menyambut baik dan memberikan apresiasi untuk UIR. Pasalnya, menurut dia, kegiatan seminar kebangsaan dan deklarasi Pemilu Damai itu bertujuan untuk memberikan edukasi dan motivasi agar masyarakat dapat menggunakan hak pilih secara cerdas. 

Tujuan diselenggarakannya seminar ini, juga untuk mengajak mahasiswa UIR, berkomitmen, berjanji, dan untuk ikut serta dalam Pemilu, dengan cara yang cerdas, jujur, adil, dan damai. Selain itu, juga harus bisa menolak segala bentuk politisasi sara, ujaran kebencian, penghasutan, dan politik uang. 

"Kita sedang melaksanakan suatu perhelatan besar bagi seluruh masyarakat Indonesia yaitu Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 ini. Pesta demokrasi ini tentu merupakan suatu pembuktian bangsa dalam menjalankan demokrasi yang sesungguhnya. Itu sebabnya kami mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini, mengingat pelaksanaan Pemilu bukanlah hal yang mudah," ujar Gubri. 

Masyarakat, sebut Gubri Edy, harus berhasil menunjukkan, bahwa Indonesia adalah negara dengan demokrasi yang matang. Namun, ia mengingatkan bahwa situasi yang akan dihadapi bangsa kedepan tidaklah mudah. 

Agar dapat mengatasi tantangan itu, kata Gubri, harus membutuhkan sinergi, semangat, komitmen dari semua pihak. Kemudian, disertai solidaritas seluruh elemen bangsa, serta stabilitas politik keamanan dan ekonomi. 

Selain itu, Gubri juga menyebut, bahwa Pemilu yang sukses, aman, dan damai merupakan harapan sekaligus modal penting dalam melahirkan pemimpin dan wakil rakyat yang bisa membawa bangsa ini lebih maju ke depan. 

"Untuk mewujudkan hal tersebut, tentulah bukan hal yang mudah sehingga dibutuhkan komitmen dan kolaborasi bersama,"tutur dia.*