Ekonomi Riau Tahun 2024 Diproyeksi Tumbuh di 4,8 Persen

Ekonomi Riau Tahun 2024 Diproyeksi Tumbuh di 4,8 Persen

16 Februari 2024
Ilustrasi/Pabrik Kelapa Sawit

Ilustrasi/Pabrik Kelapa Sawit

RIAU1.COM - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau optimis pertumbuhan ekonomi Riau di 2024 kian membaik, yakni dikisaran 4,0 hingga 4,8%.

Kepala KPW BI Provinsi Riau, Panji Achmad mengatakakan, optimisme pertumbuhan ekonomi Riau di tahun 2024 disokong oleh pertumbuhan konsumsi yang juga diperkirakan akan terus membaik.

“Termasuk efek positif Pemilu dan Pilkada, serta peningkatan investasi terutama dari penyelesaian Proyek Strategis Nasional, seperti Jalan Tol Pekanbaru - Sumbar dan Tol Rengat - Pekanbaru,” katanya, Jumat (16/2/2024)

Meski demikian, tantangan tetap ada, terutama dalam meningkatkan ekspor di tengah perlambatan ekonomi global. Panji menegaskan, BI akan terus memperkuat kebijakan melalui sinergi kebijakan ekonomi nasional untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di Riau.

Memasuki awal 2024, empat kota IHK di Provinsi Riau mengalami inflasi sebesar 0,11% (mtm), turun dari bulan sebelumnya. Sedangkan inflasi tahunan Riau pada Januari 2024 tercatat sebesar 2,35% (yoy), dan diproyeksikan tetap terkendali dalam kisaran sasaran nasional sebesar 2,5% + 1% (yoy).

Panjdi menegaskan, bahwa sinergi antara BI dan Pemda dalam pengendalian inflasi, seperti yang terwujud dalam TPID, menjadi kunci atas keberhasilannya.

"Strategi pengendalian inflasi melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan diharapkan dapat mendukung ketahanan pangan dan menjaga stabilitas harga sepanjang tahun 2024," sebut dia.*