Kecil Potensi Hujan Hari Ini di Wilayah Riau

Kecil Potensi Hujan Hari Ini di Wilayah Riau

31 Juli 2023
ilustrasi/net

ilustrasi/net

RIAU1.COM - Prakiraan cuaca untuk wilayah Pekanbaru dan sekitarnya dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Senin, 31 Juli 2023. Diperkirakan cuaca cerah berawan sepanjang hari.

Disampaikan Forecaster BMKG Pekanbaru Bibin S, meski cuaca diprediksi cerah, warga diminta untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca mendadak yang bisa saja terjadi. 

Sementara itu, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang kemungkinan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, dan Kabupaten Kuantan Singingi pada sore hingga malam hari.

"Di beberapa wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, dan Kabupaten Kampar, hujan dengan intensitas serupa juga dapat terjadi pada dini hari," ujar dia.

Lebih lanjut disampaikan, suhu udara di Pekanbaru berkisar antara 24.0 hingga 34.0°C dengan tingkat kelembapan udara mencapai 55 hingga 98%. "Angin akan berhembus dari arah Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan berkisar 10 hingga 30 km/jam," katanya. 

Terkait gelombang laut, BMKG memperkirakan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 hingga 1.25 meter, yang termasuk kategori rendah. Namun, masyarakat di wilayah perairan Bintan, perairan Lingga, dan perairan Utara Bangka diimbau untuk tetap waspada karena potensi gelombang laut dapat mencapai ketinggian 2.0 meter.

Selain itu, BMKG juga menyampaikan peringatan mengenai situasi hotspot di wilayah Sumatera. Total hotspot di Sumatera mencapai 134 titik, dan Riau menyumbang sebanyak 21 titik hotspot. Kabupaten Kampar, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, dan Kabupaten Indragiri Hulu menjadi wilayah di Riau yang terdampak hotspot.

"Masyarakat diimbau untuk selalu memantau informasi terkini tentang cuaca dan situasi hotspot. Dengan demikian, diharapkan tingkat kewaspadaan masyarakat dapat meningkat, dan langkah-langkah pencegahan dapat diambil jika diperlukan," papar dia.*