Posko Karhutla Kabupaten Kota di Riau Diminta Diaktifkan Kembali

Posko Karhutla Kabupaten Kota di Riau Diminta Diaktifkan Kembali

13 Februari 2023
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Kabupaten kota di Riau diingatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBP) untuk meningkatkan kewaspadaan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Kewaspadaan tersebut dengan mengaktifkan kembali posko bersama pihak terkait di setiap daerah. Selain itu para petugas juga diminta  mulai melakukan patroli rutin di wilayah masing-masing.

"Memang sudah ada kebakaran lahan. Walau pun masih relatif kecil di tiga daerah, tapi bagi kami ini satu alarm," kata Edy.

Imbauan ini menurut Edy lagi sebagai bentuk langkah siaga. Upaya preventif ini untuk meminimalisir terjadinya Karhutla lebih besar lagi.

Terutama lima daerah yang sudah terdapat titik kebakaran selama 2023 ini. Seperti Dumai 1 hektar, Bengkalis 3,58 hektar, Siak 0,1 hektar, Pekanbaru  6,5 hektar, Kampar 0.75 hektar. Sementara sembilan daerah lainnya masih nihil titik api.

"Walau pun masih relatif kecil, tapi perlu kita ingatkan," sebut dia.

Sebagai tindak lanjut, Kepala BPBD Riau ini juga menyatakan akan segera mengumpulkan para kepala BPBD kabupaten kota pada rapat koordinasi (Rakor) Karhutla.

"Untuk Rakor nanti kita ingin menekankan upaya preventif pencegahan dengan memaksimalkan pemantauan. Untuk daerah yang sudah ada Karhutla segera minimalisir titik api dengan mengerahkan petugas, aktifkan komunikasi bersama unsur terkait," tutur Edy.*