Riau Tuan Rumah Gernas BBI, Pemprov Matangkan Persiapan

Riau Tuan Rumah Gernas BBI, Pemprov Matangkan Persiapan

10 Maret 2023
Rapat persiapan Gernas BBI di Riau

Rapat persiapan Gernas BBI di Riau

RIAU1.COM - Launching Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) tahun 2023 tengah dipersiapkan Pemerintah Provinsi Riau.

Gubernur Syamsuar menyampaikan bahwa persiapan yang dilakukan karena Riau telah ditetapkan atau ditunjuk sebagai tuan rumah kegiatan Virtual Expo Bangga Buatan Indonesia (BBI) pada bulan Juni 2023 mendatang.

"Maka dari itu perlu kita memantapkan apa yang perlu dipersiapkan sehingga pelaksanaan puncaknya nanti diharapkan bisa sukses terlaksana di Provinsi Riau ini," kata Syamsuar. 

Adapun Riau selaku tuan rumah pada kegiatan tersebut mengusung tema Bulan Bahari. Gubernur Syamsuar menjelaskan bahwa Kick Off Gernas BBI dan BBWI akan dilaksanakan pada hari Minggu, 12 Maret 2023, bersinergi dengan salah satu event wisata Festival Subayang.

"Tema yang diusung yaitu Bahari/musik mengedepankan kearifan lokal di desa wisata Gema, Tanjung Belit, Sungai Subayang, Kabupaten Kampar," imbuhnya. 

"Ini perlu kita launching dalam rangka mensosialisasikan kegiatan Gernas pada bulan Juni 2023 nanti, maka dari itu perlu pemantapan kegiatan ini," terangnya.

Adapun rundown kick off Gernas BBI dan BBWI diantaranya yaitu prosesi adat panen ikan patin lubuk larang, penampilan seni budaya, dan sebagainya. 

Di sisi lain, Gubri menilai kalender event wisata Dinas Pariwisata dan Kementerian Pariwisata perlu disosialisasikan melalui event-event yang ada di daerah-daerah yang ada di Provinsi Riau. 

"Kita mensosialisasikannya tidak hanya di Pekanbaru, Kabupaten Kampar, tapi langsung saja di daerah-daerah lainnya, karena event-event daerah ini bisa mendorong pelaku UMKM," pungkasnya.*