Kadis Aldi Optimis Rokan Hilir Tetap Jadi Daerah Swasembada Pangan

Kadis Aldi Optimis Rokan Hilir Tetap Jadi Daerah Swasembada Pangan

4 Februari 2024
Panen Raya Padi di Rokan Hilir

Panen Raya Padi di Rokan Hilir

RIAU1.COM - Ketersediaan pupuk subsidi untuk tanaman padi seluas 13 ribu hektare di kabupaten Rokan Hilir (Hilir) tahun 2024 ini, yakni pupuk urea 610 ton dan NPK 746 ton.

Berdasarkan keterangan Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Rokan Hilir, Aldi akhir pekan ini, petani padi di Rokan Hilir kini siap meningkatkan produksi pada tahun 2024 karena berbagai dukungan yang diberikan pemerintah.

''Total pupuk bersubsidi tahun 2024, seperti pupuk urea 610 ton dan NPK 746 ton. Jumlah ini diharaplkan bisa memenuhi kebutuhan lahan padi Rohil yang memiliki luas 13 ribu hektare. Kami selalu komit untuk menjadikan Rokan Hilir selalu swasembada pangan,'' sebutnya.

Rohil, sebut dia, juga merupakan penghasil tanaman pangan lainnya seperti jagung, kacang-kacangan dan umbi-umbian, yang memiliki hamparan cukup luas di Kecamatan Pekaitan, Kubu, dan Kubu Babussalam. 

"Kami juga punya petani-petani tangguh budidaya talas unggu yakni di Sinaboi, sejak lama dan hingga hari ini produksi talas unggu di Sinaboi produksi cukup menjanjikan,'' tambahnya.

Loading...

Sebelumnya Aldi juga menjelaskan bahwa Rokan Hilir sudah sejak puluhan tahun lalu sudah terkenal sebagai lumbung pangan Riau, tradisi itu tetap terawat hingga kini. Bahkan kesuksesan itu juga mendorong para pemilik kebun sawit untuk kembali ke tanaman pangan.

‘’Alhamdulillah, sampai sekarang Rohil tetap sebagai lumbung pangan khususnya padi di Riau. Semua ini berhasil karena adanya inovasi dari seluruh stakeholder tanaman pangan terutama kerja keras petani dan para penyuluh,’’ ujar Aldi lagi.*