Dapat Anggaran Rp300 Miliar, Transportasi Kereta Api di Padang Dibenahi

Dapat Anggaran Rp300 Miliar, Transportasi Kereta Api di Padang Dibenahi

4 Maret 2023
Kereta Api di Kota Padang

Kereta Api di Kota Padang

RIAU1.COM - Pembangunan perkeretaapian di Kota Padang dalam rangka penyediaan moda transportasi dan peningkatan keselamatan di perlintasan Kereta api bagi masyarakat didukung Wali kota Hendi Septa.

Hal tersebut Hendri Septa saat Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Sumbar Supandi berserta jajrannya bersilaturahmi ke Rumah Dinas Wali Kota Padang, Jumat (3/3) seperti dimuat Hariansinggalang.

“Kita juga meminta agar BTP dapat mengaktifkan kereta api di Kota Tua Batang Arau sehingga menambah daya tarik bagi wistawan untuk berkunjung ke kawasan Kota Tua Padang,” kata dia.

Pada kesempatan Supandi melaporkan kegiatan pembangunan Perkeretaapian di Kota Padang tahun 2022 yang lalu dengan anggaran sekitar Rp300 miliar dari APBN serta kegiatan pembangunan yang dikerjakan pada tahun 2023 ini.

“Adapun kegiatan yang dilaksanakan tahun 2022 berupa pembangunan 3 stasiun yaitu Stasiun Lubuk Buaya, Stasiun Air Tawar (Basko) dan Stasiun Alai,” ujar dia.

Disamping itu, juga dibangun 7 pintu perlintasan KA dan 14 Early Warning System (EWS).

Kemudian tahun lalu juga sudah dibangun jalan inspeksi atau jalan penghubung ke perlintasan resmi sepanjang 5,3 km dalam rangka menutup ratusan perlintasan yang sering terjadi kecelakaan.

“Pada tahun 2023 ini, BTP akan merevitalisasi beberapa jembatan Kereta Api dan beberapa stasiun diantaranya Stasiun Pauh Lima dan Stasiun Kampung Jua,” sebut dia.*