Gempa Guncang Pesisir Selatan, Berikut Analisa BMKG

Gempa Guncang Pesisir Selatan, Berikut Analisa BMKG

21 Maret 2024
Lokasi gempa di Sumbar kemarin

Lokasi gempa di Sumbar kemarin

RIAU1.COM - Penyebab gempa yang mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar) Rabu 20 Maret 2024 pukul 15.24.57 WIB diungkap Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr. Daryono yang dimuat Katasumbar mengungkapkan, jenis gempa yang mengguncang Pesisir Selatan tersebut gempa bumi dangkal.

Menurut keterangannya, gempa dangkal tersebut terjadi akibat adanya deformasi atau perubahan batuan dalam Lempeng Eurasia, dan menunjukan adanya mekanisme pergerakan naik.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” terangnya.

Ia menjelaskan, meski cukup terasa kuat, namun gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. “Tidak berpotensi tsunami,”jelasnya.

Sebelumnya, pada Rabu 20 Maret 2024 pukul 15.24.57 WIB wilayah Pesisir Selatan, Sumatera Barat diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,2.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,12° LS ; 100,42° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 87 Km arah Barat Daya Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada kedalaman 43 km.

Dampak getarannya, selain di Pesisir Selatan, getarannya juga dirasakan di Mukomuko dan Sungai Penuh dengan skala intensitas II – III MMI..

Kemudian, Kota Padang dengan skala intensitas II MMI atau dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.