Gubernur Mahyeldi Soroti Pengerjaan Perbaikan Jalan di Sumbar

Gubernur Mahyeldi Soroti Pengerjaan Perbaikan Jalan di Sumbar

22 November 2023
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah

RIAU1.COM - Menjawab kebutuhan zaman yang bergulir sangat cepat, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah  berharap agar pembangunan infrastruktur jalan mengedepankan inovasi.

“Menyikapi laju perubahan zaman yang semakin cepat, tentu kita berharap agar HPJI dapat terus berinovasi dalam melakukan pembangunan infrastruktur, khususnya jalan. Contohnya, terkait dengan perbaikan jalan, di mana setelah jalan dikikis, kemudian ada rentang waktu pembiaran yang cukup lama yang menyebabkan kemacetan panjang," kata Gubernur Mahyeldi awal pekan ini saat membuka Rapat Umum Daerah (RUD) VI Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) Sumbar yang dimuat Padangkita.com.

Mahyeldi menegaskan bahwa infrastruktur memiliki peran penting dalam merangsang pertumbuhan ekonomi. Terlebih, Sumbar merupakan salah satu lokomotif pertanian nasional.

“Sehingga, terkait kelancaran jalur distribusi hasil pertanian, tentu harus  menjadi prioritas. Artinya, kita menginginkan agar progres pembangunan ruas jalan strategis dan merupakan jalur penghubung antar wilayah perbatasan itu berjalan dengan baik," sebut Mahyeldi.

Lalu dia juga menyebutkan, bahwa salah satu permasalahan utama pembangunan jalan di daerah adalah keterbatasan anggaran. Sebab, pembangunan infrastruktur pada umumnya memang membutuhkan pembiayaan yang tinggi, termasuk untuk menuntaskan masalah pembebasan lahan.

"Kita berharap, agar RUD HPJI ini dapat melahirkan pemikiran dan masukan-masukan yang baik bagi pemerintah dalam pembangunan jalan ke depan. Semoga, HPJI ke depan terus berkiprah di daerah, dan menyesuaikan diri dengan perkembangan serta kemajuan teknologi, kompentensi personal, serta inovasi dan kondisi sosial ekonomi di Provinsi Sumbar,” papar Mahyeldi.*