Pemkab Bengkalis Mengaku Komitmen Lindungi Penyandang Disabilitas

Pemkab Bengkalis Mengaku Komitmen Lindungi Penyandang Disabilitas

3 Desember 2022
Peringatan Hari Disabilitas Internasional

Peringatan Hari Disabilitas Internasional

RIAU1.COM - Pemerintah Kabupaten Bengkalis, kata Bupati Kasmarni tetap akan peduli dan berkomitmen memberikan perlindungan dan memperkuat solidaritas dalam meletakkan dasar yang kuat bagi perlindungan penyandang disabilitas.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati diwakili Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Toharuddin, ketika menghadiri Hari Disabilitas Internasional (HDI), di Mandau, Sabtu, 3 Desember 2022

“Momentum peringatan HDI ini, mari kita jadikan sebagai langkah tepat bersama untuk menegaskan kepedulian dan memperkuat solidaritas, dalam meletakkan dasar yang kuat bagi perlindungan penyandang disabilitas, yaitu dari paradigma karitatif dan charity based menjadi paradigma yang human rights based,” sebutnya.

"Kepada ketua beserta pengurus yayasan maupun kepala sekolah dan para guru SLB Cendana Duri serta pihak-pihak lainnya kami mengapresiasi yang selama ini telah berkontribusi menciptakan serta memberi ruang kepada anak-anak kita penyandang disabilitas, sehingga mereka bisa aktif mengembang segala potensi yang ada sesuai kemampuannya dan diberlakukan setara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tambah dia.

Selaras dengan tema Hari Disabilitas Internasional tahun 2022 ini, yakni 'Kreativitas tanpa batas, setara untuk semua', dia juga mengajak serta menggugah seluruh stakeholder yang ada di daerah ini, untuk bersama-sama memberikan ruang serta kesempatan bagi para penyandang disabilitas untuk beraktivitas dan berkreatifitas.

Kemudian, lanjutnya, buat penyandang disabilitas, khususnya anak-anak SLB Cendana Duri, diharapkan agar teruslah berkarya, kekurangan jangan dijadikan halangan dan hambatan untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan.

"Karena anak-anak kita siswa-siswi SLB Cendana Duri, meskipun dalam kondisi terbatas, mereka dapat beraktifitas, dapat berkarya, dan dapat lebih sehat, serta ceria dan lebih berkualitas. Sehingga dapat mendukung upaya kita bersama dalam mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, maju, dan sejahtera," ungkapnya.*