Diberi Penghargaan, Kadiskes Dumai Berjanji akan Tingkatkan Pencegahan HIV-AIDS

Diberi Penghargaan, Kadiskes Dumai Berjanji akan Tingkatkan Pencegahan HIV-AIDS

21 November 2022
Kadiskes Dumai saat terima penghargaan

Kadiskes Dumai saat terima penghargaan

RIAU1.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Dumai meraih Penghargaan atas pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) HIV test dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Provinsi Riau.

Kepala Dinkes Dumai, dr. Syaiful didampingi Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Suriani menerima penghargaan tersebut pada Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang digelar Komisi Penananggulangan Aids (KPA) Provinsi Riau di Pekanbaru belum lama ini.

"Alhamdulillah, pada kesempatan ini Kota Dumai mendapatkan penghargaan atas pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) HIV test dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Provinsi Riau," ucap Syaiful.

Ia menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan KPA Provinsi Riau. Menurutnya, penghargaan ini dapat diraih berkat kerja keras semua pihak terkait seperti Puskesmas, RSUD, KKP dan OPD yang ikut terlibat dalam penanggulangan HIV-AIDS di Kota Dumai.

"Penghargaan ini menjadi tantangan bagi kami untuk lebih serius dalam melakukan upaya penanggulangan HIV-AIDS," ucap Syaiful.

Kemendagri telah menetapkan Permendagri nomor 100 tahun 2018, tentang Standar Pelayanan Minimum (SPM), dimana di dalamnya diatur jenis pelayanan dasar untuk masyarakat, yaitu Edukasi, Tes/pemeriksaan HIV, dan Merujuk untuk pengobatan lebih lanjut.

Loading...

Tiga hal tersebut harus dipastikan dibiayai secara memadai oleh Pemerintah Daerah sebagai bentuk realisasi konkrit untuk cegah HIV dan akses untuk semua, karena standar pelayanan minimum berlaku untuk semua warga negara, tanpa terkecuali.

"Ini menjadi kewajiban daerah yang diukur oleh pemerintah pusat. Sebagai kota yang terus berkembang, permasalahan HIV menjadi persoalan yang harus kita entaskan bersama," imbuhnya.

Terakhir, Syaiful mengatakan bahwa Dinas Kesehatan Dumai terus berupaya dan komit dalam mengedukasi masyarakat serta meningkatkan pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS di Kota Dumai.

"Insyaallah, melalui penghargaan ini, Dinkes Dumai semakin berkomitmen dan berkontribusi terhadap penanggulangan HIV/AIDS di Provinsi Riau khususnya di Kota Dumai,” demikian Syaiful.*