Rabu, 17 Agustus 2022

GAYA-HIDUP

3 Kuliner Khas Solo Penggoyang Lidah, Wajib Anda Coba

news24xx


3 Kuliner Khas Solo Penggoyang Lidah, Wajib Anda Coba 3 Kuliner Khas Solo Penggoyang Lidah, Wajib Anda Coba

RIAU1.COM - Apakah Anda berencana untuk melakukan traveling sambil mencicipi kuliner yang tersedia di kota Solo? Jika jawabannya iya, maka Anda berada pada artikel yang tepat. Kota Solo yang kerap juga dikenal dengan nama Surakarta adalah destinasi wisata yang cocok buat pecinta jalan-jalan dan kuliner.

Bersama dengan kota Yogyakarta, kota Solo alias Surakarta merupakan pewaris Kesultanan Mataram yang dipecah melalui Perjanjian Giyanti, pada tahun 1755. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila kota kelahiran Presiden Joko Widodo ini memiliki peninggalan sejarah yang kuat. Bahkan, masih banyak tradisi-tradisi jaman dulu yang hingga saat ini masih terjaga dan rutin dilakukan dengan baik. Hal tersebut menjadi salah satu magnet kenapa wisatawan ingin berkunjung kesana.

Dilihat secara geografis, kota ini memang strategis. Solo juga termasuk sebagai wilayah otonom yang berstatus sebagai kota di Provinsi Jawa Tengah. Dilihat secara geografis, Solo menjadi kota dengan ukuran paling besar, di urutan ketiga yang ada di pulau Jawa, mengikut Bandung dan Malang sebelumnya.  

Dari sisi pembangunan, Solo terbilang kota maju. Terdapat bandara, stasiun, serta transportasi publik yang cukup nyaman. Hotel, Kawasan wisata, serta bangunan-bangunan bersejarah pun terawat dengan baik. Dengan segala fasilitas tersebut, wisatawan jelas mendapatkan akses untuk datang dan menikmati aspek kehidupan di kota ini.

Hal lain yang menarik dari Solo tentu saja kulinernya. Solo memiliki banyak makanan khas yang mampu menggoyang lidah dan membuat wisatawan ingin kembali lagi ke kota ini. Apa saja kira-kira makanan tersebut? Mari kita simak bersama-sama.

1. Timlo

Timlo adalah sajian sup ayam bening yang berasal asli dari kota Solo. Namun jangan salah, sup ini berbeda dengan sup ayam pada umumnya. Perbedaannya terletak pada tambahan sosis solo, telur pindang, hati, dan ampela ayam. Penambahan kecap pada sup ini, membuat sup Timlo terasa lebih segar ketika disantap.

Anda bisa dengan mudah menemui pedagang Sup Timlo di Solo. Satu dari sekian pedagang sup timlo terkenal yang ada di Solo, berlokasi di Jalan Kapten Mulyadi No.8, Pasar Gedhe, Solo. 

Sup Timlo yang satu ini sering disebut sebagai Timlo Sastro atau Timlo Balong, yang dipengaruhi oleh lokasinya yang persis berada di belakang sebuah kampung bernama Kampung Balong. Baik pada masa musim liburan atau hari-hari biasa, sup Timlo yang satu ini selalu ramai dengan pengunjung. 

Anda juga tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati sajian sup satu ini. Cukup dengan harga Rp 20 ribu Anda sudah bisa mencicipi seporsi Timlo komplit. Tidak salah jika  kuliner satu ini begitu terkenal dan membuat orang rela mengantri. Supaya tidak kehabisan, Anda bisa datang ke Timlo Sastro mulai pukul 06.00 - 15.30 sore.

2. Tengkleng

Tengkleng adalah makanan sejenis sup dengan bahan utama tulang kambing. Menurut sejarah, hanya tertua di kota Solo, para bangsawan dan orang-orang Belanda saja yang bisa menikmati makanan tersebut. Bagian yang tersisa seperti kepala, kaki, dan tulang inilah yang disediakan untuk pekerja dan tukang masak.

Namun jangan khawatir, jaman telah berubah. Anda kini bisa ikut menikmati kelezatan Tengkleng khas Solo tanpa perlu menjadi keluarga bangsawan terlebih dahulu.

Tengkleng yang paling terkenal adalah Tengkleng Ibu Edi. Warung beliau ada di bagian utara gapura Pasar Klewer. Beliau mulai pukul 14:00 alias jam dua siang. Anda harus bergegas karena biasanya, dalam hitungan jam saja sajian tengkleng ini sudah ludes.

Satu porsi yang ada di Tengkleng Bu Edi ini terdiri dari satu porsi nasi putih, bersamaan dengan olahan jeroan dan tulang kambing, yang dilengkapi dengan kuah kaldu bening yang tentunya dapat menggugah selera. 

Cocok untuk memanjakan lidah Anda setelah lelah berjalan-jalan.

3. Selat Solo

Makanan khas lain yang berasal dari Kota Solo adalah Selat Solo. Bila Anda melakukan perjalanan yang melewati kota ini, Anda wajib mencobanya. Selat solo atau racikan salat adalah sebuah hidangan khas Jawa yang memiliki pengaruh hidangan Eropa.

Penjual selat Solo yang paling terkenal adalah Selat Solo Mbak Lies yang bertempat di Gang II No 42, Serengan. Meski tempatnya agak tersembunyi, dijamin Anda akan puas menikmati hidangan yang dibanderol dengan harga dua puluh delapan ribu rupiah ini.

Dalam satu buah porsi selat Solo ini, Anda akan mendapatkan semangkuk semur berisikan daging kambing dan sapi, lengkapi dengan galantis, telur rebus, berbagai sayuran seperti buncis, wortel, kentang, acar mentimun, dan masih banyak lagi. 

Anda tak akan bisa menemukan hidangan ini di kota lainnya.

Nah, Anda bisa bergegas pesan bus Jakarta Solo di Traveloka untuk menikmati tiga hidangan khas tersebut dan menikmati keindahan sejarah kota Solo sekarang juga. Selamat berlibur!





loading...
Loading...