Kadiskes Inhil: Anggaran Puskesmas Sungai Raya Rp4,2 miliar

Kadiskes Inhil: Anggaran Puskesmas Sungai Raya Rp4,2 miliar

27 Januari 2020
Bupati Inhil, HM Wardan

Bupati Inhil, HM Wardan

RIAU1.COM - Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Inhil, H. Zainal Arifin menyampaikan bahwa Puskesmas Desa Sungai Raya yang diresmikan Bupati Inhil merupakan Puskesmas ke 29 yang ada di Kabupaten Inhil.

Dia menceritakan, terbentuknya Puskesmas Desa Sungai Raya suatu tugas yang cukup berat dimana pada awal menjabat ditugaskan Bupati menginventalisir Puskesmas, mana yang belum dilakukan rehabilitasi serta mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Adanya Puskesmas ini merupakan perjuangan Bupati dan Wakil Bupati Inhil,” ungkapnya.

Menurut Kadiskes, terbentuknya Puskesmas di Desa Sungai Raya atas pilihan Bupati Inhil terkait Puskesmas Sungai Piring yang sudah terlalu banyak membawahi 13 desa. 

“Jika orang rujukannya ke Puskesmas Sungai Piring melewati Tembilahan karena akses jalan yang sangat jauh, maka itu kami usulkan kepada Bupati Inhil,” jelasnya.

Kemudian kata Kadiskes, akses perjalanan dari desa untuk menuju Puskesmas di ibu kota Kecamatan Batang Tuaka sangat memakan waktu yang cukup lama dan harus melewati akses jalan kota Tembilahan.

"Masyarakat harus bersyukur karena Desa Sungai Raya mendapat tempat dari Bupati Inhil untuk dibangunkan Puskesmas," katanya.

Diceritakan Kadiskes, saat dirinya berdiskusi dengan Bupati tentang anggaran untuk Puskesmas Desa Sungai Raya, dirinya bertanya apakah akan dibangun dengan anggaran Rp 1 Miliar, namun bupati menyarankan jika perlu 4 sampai 5 Miliar. 

"Jadi Pembangunan Puskesmas Desa Sungai Raya ini mendapat anggaran 4,2 Miliar, saat ini mengalahkan Puskesmas Sungai Piring,” ceritanya.


Dengan lima desa berinduk di Puskesmas ini akan menjadi lebih sempit wilayah dan masyarakat lebih terlayani akan hal kesehatan, sehingga diharapkan setiap bulan nanti kepala Puskesmas yang ditunjuk harus berkunjung kelima desa yang dimaksud untuk mendengar keluhan masyarakat.

“Jadi nanti jika kepala Puskesmasnya tidak datang kelima desa tolong laporkan kesaya,” pungkasnya.