Ketika Beethoven Menyelesaikan Mahakaryanya, Fur Elise

Ketika Beethoven Menyelesaikan Mahakaryanya, Fur Elise

3 Oktober 2020
Ilustrasi Ludwig van Beethoven (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi Ludwig van Beethoven (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Karya-karya Ludwig van Beethoven sampai saat ini masih diperdengarkan hingga ke penjuru dunia. Beberapa diantaranya Fur Elise dan Fifth Symphony.

Untuk Fur Elise diselesaikannya pada 27 April 1810. Namun, baru ditemukan dan dirilis pada 1867 atau 40 tahun setelah kematian Beethoven.

Manuskrip asli karya ini ditemukan oleh seorang sarjana musik Jerman, Ludwig Nohl, yang telah mentranskripsikan dan menerbitkannya dikutip dari kompas.com, Sabtu, 3 Oktober 2020.

Judul Fur Elise sampai saat ini masih misteri. Fur Elise jika diartikan berarti untuk Elise. Pasalnya, sosok Elise sampai saat ini masih dipertanyakan.

Beberapa ahli memperkirakan bahwa Nohl mungkin melakukan kesalahan saat menyalin karya itu.

Hal itu karena judul aslinya disebut Fur Therese yang didedikasikan untuk Therese Malfatti von Rohrenbach zu Dezza. Therese adalah teman dan mantan murid Beethoven yang ia cintai dan ia lamar pada 1810.

Sayang, Beethoven ditolak karena Therese lebih memilih bangsawan Austria, Wilhelm von Drossdik. Sementara itu, ahli yang lain berpendapat, Elise sebenarnya adalah Elisabeth Rockel, seorang penyanyi sopran Jerman. Elisabeth adalah teman dekat Beethoven.

Untuk diketahui, Beethoven lahir pada 17 Desember 1770 di Bonn, Jerman, dan meninggal dunia pada 26 Maret 1827 di Wina, Austria.