Kadisnaker Batam Sebut Banyak yang Tertipu Informasi Tawaran Kerja

Kadisnaker Batam Sebut Banyak yang Tertipu Informasi Tawaran Kerja

22 Juni 2024
Kadisnaker Kota Batam Batam, Rudi Sakyakirt/Tribunbatami

Kadisnaker Kota Batam Batam, Rudi Sakyakirt/Tribunbatami

RIAU1.COM - Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kota Batam Batam, Rudi Sakyakirti tak menyangkal banyak pencari kerja yang tertipu dari informasi lowongan kerja di kota tersebut.

“Informasi yang saya terima banyak yang tertipu. Jadi jangan langsung percaya dengan informasi-informasi individu tentang lowongan kerja,” ujar Rudi yang dimuat Batampos.

Sebut Rudi, dari tahun ke tahun oknum penipu selalu ada. Mereka memanfaatkan momen warga yang kesulitan mencari kerja.

“Kalau memang syaratnya tak masuk akal, jangan langsung terima. Apalagi sampai minta uang dan ajak tidur di hotel,” ujar Rudi.

Ditegaskan Rudi, sebuah perusahaan punya kode etik. Yakni tidak menerima pembayaran apapun untuk orang yang mencari kerja. Karena jika ketahuan adanya perusahaan yang seperti itu, perusahaan bisa dikenakan sanksi.

“Jadi memang tak boleh masuk kerja pakai uang, dan perusahaan punya kode etik itu. Karena jika memang terbukti adanya yang merekrut pekerja dan harus membayar, mereka bisa kena sanksi,” ujar Rudi.

Ia mengimbau untuk pencari kerja, agar tak bulat-bulat menerima informasi lowongan kerja. Apalagi sudah memberi syarat yang macam-macam.

“Saya tekankan, jangan mudah tergiur pekerjaan dengan syarat awal yang sudah macam-macam,” demikian Rudi.*