Pendaftaran Pelatihan Kerja Disnaker Batam Dibuka, Berikut Syarat yang Harus Dipenuhi

Pendaftaran Pelatihan Kerja Disnaker Batam Dibuka, Berikut Syarat yang Harus Dipenuhi

18 Januari 2024
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Pemerintah Kota Batam sudah mulai membuka pendaftaran pelatihan kerja bagi pencari kerja dan pelatihan peningkatan produktivitas bagi tenaga kerja di Batam tahun 2024.

Untuk proses pendaftaran mulai dari 17 Januari 2024 sampai dengan 18 Januari 2024, selama jam kerja secara online.

Untuk mendaftar melalui link https://bit.ly/DAFTARCALONPESERTABIMTEKDISNAKER2024. Pengumuman juga dapat dilihat di website Dinas Tenaga KerjaKerja di https://disnaker.batam.go.id.

“Dalam pelatihan tenaga kerja dan peningkatan produktifitas bagi tenaga kerja ini kita bekerjasama dengan sejumlah Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di Kota Batam,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Batam Rudi Sakyakirti, Rabu (17/1) yang dimuat batampos.

Sebut Rudi, 78 pelatihan dan peningkatan produktifitas pekerja dipilih menyesuaikan kebutuhan sektor di industri saat ini. Dimana Disnaker mengumpulkan perusahaan perusahaan di Batam menanyakan sektor mana saja yang dibutuhkan saat ini.

Selain itu ada juga dari musrenbang yaitu usulan yang diberikan masyarakat serta dari perusahaan langsung yang menyampaikan ke Disnaker Batam akan kebutuhan saat ini.

“Jadi ada tiga mekanisme. Untuk musrenbang itu paling banyak kebutuhan welder dan galangan umumnya. Sementara dari perusahaan ada juga yang menyampaikan secara langsung seperti kebutuhan di sektor pariwisata, tour guide, penerjemah bahasa Mandarin dan sebagainya,” ucap Rudi.

Adapun untuk persyaratan pelatihan kerja adalah belum pernah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja Batam. Tidak sedang bekerja atau belum bekerja, pria atau wanita usia 18-45 tahun, pendidikan minimal SMA/sederajat.

Sementara untuk pelatihan K3, pendidikan minimal D3/sederajat, Tidak Buta Warna dan Tes Interview di LPK Pelaksana (Khusus umur 18-35 tahun). Pelatihan HRD Pariwisata, Pendidikan minimal D3/Sederajat. Jasa Boga, Tata Rias, Bengkel Motor Roda Dua dan Menjahit, minimal SD/Sederajat.

Pelatihan Forklif dan Pelatihan Bahasa berkas dikumpul pada saat pendaftaran ulang 1 dan 2 Februari 2023, Tes tertulis dan Interview di LPK Pelaksana. Pelatihan Welder lanjutan diutamakan yang memiliki pengalaman, Pendidikan minimal SLTP/sederajat.

Berkas yang harus dilengkapi foto copy KTP Kota Batam 1 lembar, foto copy AK 1 ( yang dikeluarkan oleh Disnaker atau Kecamatan setempat) 1 lembar, foto copy Ijazah terakhir 1 lembar. Pas Photo berwarna latar belakang merah 3 x 4 = 2 lembar (Khusus setelah lulus tes) dan membuat surat pernyataan (Khusus setelah lulus tes) Jadwal kegiatan.

“Untuk pelatihan ini wajib ber KTP Batam ya. Tes Tertulis tanggal 20 Januari 2024 sampai 21 Januari 2024 pukul 08.30 WIB sampai 12.00 WIB. Pendaftaran tidak dipungut biaya dan tempat tes tertulis di SMP Negeri 3 Jalan Sekupang,” tukasnya.*