Ratusan Rumah Terendam Banjir di Nongsa Batam

Ratusan Rumah Terendam Banjir di Nongsa Batam

1 Desember 2023
Kawasan langganan banjir di Nongsa/Batamnews

Kawasan langganan banjir di Nongsa/Batamnews

RIAU1.COM - Dilaporkan kawasan Nongsa Batam terendam banjir, Kamis (30/11) malam. Akibatnya, ratusan rumah terendam, dan warga terpaksa mengungsi karena kondisi rumah yang tergenang air.

Seperti banjir yang terjadi di Perumahaan Puri Sasmaya, Kelurahan Sambau Nongsa, terendam banjir sejak pukul 20.00 WIB. Tinggi banjir yang masuk ke rumah warga mulai dari 10 centimeter hingga satu meter. Kondisi banjir ini juga sudah dua kali dirasakan warga Puri Sasmaya selama bulan November.

Tingginya kondisi air mengenangi perumahaan itu sudah bisa terlihat dari gapura masuk perumahaan. Kondisi yang landai membuat perumahaan ini mudah digenangi air, apalagi sebelah perumahan ada drainase besar yang meluap.

Sejumlah kendaraan dari luar pun tak bisa masuk, karena tingginya banjir. Begitu juga kendaraan yang ada di dalam perumahaan, terkurung tak bisa keluar.

“Ini kedua kalinya banjir parah. Yang paling dalam rumah dekat jalan masuk, sampai sepinggang,” ujar Adi, salah satu warga seperti dimuat Batampos.

Sambung dia menjelaskan, kondisi hujan deras dan lama cukup membuat warga was-was kebanjiran lagi. Sehingga beberapa warga sudah mempersiapkan diri dengan meletakan barang-barang elektronik di tempat agak tinggi

“Ada warga yang siap, karena tahu air masuk. Ada juga warga yang rumahnya masih kosong, tapi tiba-tiba sudah kebanjiran,” tutur Adi.

Loading...

Beberapa warga juga terlihat membawa perlengkapan seadaanya agar bisa keluar dari kepungan banjir. Bahkan ada yang tak sempat memakai baju.

“Air sudah tinggi masuk rumah, bingung mau ambil baju. Sekarang mau ngungsi dulu di rumah teman di Bida Asri 3,” jelas pria yang enggan disebut nama.

Tambah dia, kondisi banjir terjadi karena buruknya saluran drainase perumahan. Sehingga warga merasakan dampak banjir berulang.

“Ada drainase tersumbat infonya, makanya banjir. Sudah dua kali merasakan banjir, dan ini yang terlama,” katanya lagi.

Tak hanya perumahaan Puri Sasmaya, puluhan rumah di Devely Kelurahan Batu besar Nongsa juga terendam banjir. Kondisi banjir perumahaan yang dekat dengan hutan bakau.*