Selama Maret, 48 Kasus Kebakaran Lahan Terjadi di Karimun

Selama Maret, 48 Kasus Kebakaran Lahan Terjadi di Karimun

2 April 2024
Karhutla di Karimun/Tribunbatam

Karhutla di Karimun/Tribunbatam

RIAU1.COM - Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Damkar Kabupaten Karimun, tercatat sebanyak 48 kasus kebakaran terjadi di Pulau Karimun selama bulan Maret 2024.

Data tersebut disampaikan Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan BPBD dan Damkar Kabupaten Karimun Hendra Hidayat, Senin (1/4).

Terbanyak terjadi di bulan Maret atau tepatnya memasuki Ramadan yakni sebanyak 48 kasus kebakaran.

“Untuk medio awal 2024, kasus kebakaran lahan banyak terjadi di bulan Maret yakni sebanyak 48 kasus,” ujar Hendra yang dimuat Batampos.

Namun jika ditotal keseluruhan kasus dari Januari hingga Maret, terdapat 86 kasus. Paling tinggi kebakaran lahan terjadi enam kasus dalam sehari.

“Paling banyak terjadi enam kasus kebakaran dalam sehari. Kondisi ini sangat menyita energi petugas damkar. Karena mereka bekerja hingga dini hari,” papar Hendra.

Maraknya kasus kebakaran lahan yang belakangan terjadi di Pulau Karimun turut mendapat respon Kapolres Karimun AKBP. Fadli Agus SIk MH.

“Kami masih terus melakukan imbauan dan koordinasi intensif dengan pihak damkar dan instansi terkait untuk fast response. Penyebab kebakaran saat ini masih dilakukan penyelidikan, dan akan dilakukan penegakkan hukum bila ditemukan pelakunya,” tegas Kapolres.*