Tercatat Ribuan Pelanggaran saat Operasi Seligi di Kepri

Tercatat Ribuan Pelanggaran saat Operasi Seligi di Kepri

24 September 2023
Dirlantas Polda Kepri, Kombes. Pol Tri Yulianto

Dirlantas Polda Kepri, Kombes. Pol Tri Yulianto

RIAU1.COM - Setelah berjalan selama dua pekan, Operasi Zebra Seligi 2023 telah berakhir pada 17 September 2023 lalu.

Operasi yang digelar secara nasional ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap aturan lalu lintas dan menekan angka pelanggaran serta kecelakaan di jalan raya.

Berdasarkan penjelasan Dirlantas Polda Kepri Kombes. Pol Tri Yulianto, total jumlah pelanggaran yang tercatat 3.154 pelanggaran berupa tilang ETLE dan teguran kepada masyarakat sejak operasi digelar.

“Data mencatat bahwa selama dua minggu operasi, pelanggaran tersebut mencakup berbagai jenis, mulai dari pelanggaran tidak menggunakan kaca spion, penggunaan knalpot brong, tidak menggunakan helm, melawan arus, melanggar rambu-rambu, sebagian ada yang dilakukan peneguran sebanyak 2.575 teguran,” terangnya akhir pekan ini yang dimuat Batampos.

Sambung dia, secara keseluruhan kegiatan preventif atau Dikmas Lantas juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yaitu di tahun 2022 sebanyak 959 meningkat sebanyak 75 persen menjadi 1.684, dan pemasangan spanduk, leaflet, sticker maupun billboard di tahun 2022 sebanyak 4.859 mengalami peningkatan di tahun 2023 sebanyak 72 persen yaitu 8.377.

“Kegiatan di masing-masing satgas serta polres jajaran dalam Operasi Zebra Seligi 2023 ini juga mengalami peningkatan,” tukasnya.*